4 Pekerjaan IT yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Bidang Teknologi Informasi adalah salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat di dunia, dan karena itu, ada banyak lowongan pekerjaan IT yang tersedia. Bagaimana Anda tahu jenis pekerjaan IT apa yang harus dikejar? Jawabannya mungkin lebih mudah dari yang Anda pikirkan. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa jenis pekerjaan IT populer yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

 

System Analyst

Deskripsi pekerjaan dan tugas seorang system analyst adalah bertanggung jawab untuk menganalisis kebutuhan sistem bisnis untuk memberikan solusi atas masalah yang ditemukan, serta menemukan cara yang lebih baik dari sistem yang ada sekarang. System analyst sering terlibat dalam proses perencanaan atau instalasi sistem baru. System analyst adalah posisi yang membutuhkan pengetahuan luas tentang sistem IT, solusi perangkat lunak dan perangkat keras. Untuk menjadi seorang system analyst, Anda memerlukan setidaknya gelar di bidang Teknologi Informasi atau Ilmu Komputer, serta beberapa tahun pengalaman di lapangan. Ada juga sertifikasi yang tersedia untuk untuk lebih meningkatkan daya jual Anda.

Security Analyst

Deskripsi pekerjaan dan tugas seorang security analyst adalah meneliti, mengembangkan, dan menerapkan kebijakan dan prosedur keamanan untuk infrastruktur jaringan komputer organisasi serta sistem server klien. Mereka harus mengetahui semua ancaman baru yang muncul untuk menjaga keamanan data dari virus, peretas, dll. Mereka sering mengawasi pemasangan dan pengoperasian peralatan keamanan, serta mengembangkan kebijakan untuk memperkuat jaringan dari serangan. Seorang security analyst harus memiliki pengetahuan yang luas dalam infrastruktur IT termasuk, bahasa pemrograman yang aman, administrasi database, kriptografi, dll. Ini adalah bidang yang menantang dengan beberapa sertifikasi yang tersedia bagi mereka yang ingin masuk ke dalamnya.

 

Cyber Security Analyst

Deskripsi pekerjaan dan tugas seorang cyber security analyst adalah menggabungkan pengetahuan analis keamanan dengan fokus pada perlindungan sistem dari peretas atau "penjahat dunia maya" dari lokasi mana pun di dunia. Mereka harus menyadari semua ancaman baru serta tahu bagaimana bertahan melawan setiap ancaman. Ini adalah pekerjaan IT yang membutuhkan pengetahuan luas tentang keamanan jaringan, firewall, dan enkripsi.

 

Information Security Analyst

Deskripsi pekerjaan dan tugas seorang information security analyst adalah bekerja sama dengan departemen IT serta departemen lain dalam suatu organisasi untuk menerapkan langkah-langkah dan kebijakan keamanan yang melindungi data dari kehilangan atau pencurian melalui akses tidak sah ke sistem komputer. Mereka sering diminta untuk memantau kontrol kualitas dan kepatuhan keamanan dalam suatu sistem organisasi. Mereka harus terbiasa dengan hal-hal seperti forensik komputer, response insiden, perencanaan pemulihan bencana, klasifikasi data, kriptografi, dan sebagainya. Ada juga sertifikasi yang tersedia untuk posisi ini.