septic tank

5 Langkah Membuat Septic Tank Sederhana yang Mudah Dipraktekkan

Membuat septic tank di rumah adalah suatu hal yang wajib dilaksanakan oleh pemilik rumah. Tujuannya, supaya kotoran tidak berbau menyengat. Selain itu, agar feses tidak berceceran di kamar mandi. Namun, banyak orang yang belum tahu cara membuat septic tank. Lalu, Apa saja step membuat septic tank sederhana? Inilah penjelasan lengkapnya!

 

1. Membuat Lubang Besar Untuk Septic Tank

Step awal untuk membuat septic tank adalah melakukan proses penggalian bolongan di tanah sebesar satu setengah meteran serta panjang sebesar satu meter. Tujuannya, supaya tinja dapat masuk ke dalam Septic tank dengan baik. Sehingga, kotoran tidak meluber ke kamar mandi yang dapat mengganggu kenyamanan pemilik rumah.

Adapun, fungsi lainnya adalah untuk memudahkan pembuatan liang pemisah kotoran yang memadat dan mencair. Tujuannya, supaya septic tank tidak cepat tersendat dan kotoran bisa terserap dengan sempurna. Caranya, Buat penyekat dari perpipaan berukuran empat inci dari arah kamar mandi sampai arah tempat untuk membuang sisa kotoran.

septic tank

2. Membuat Tembok Septic Tank Menggunakan Batu Bata

Selanjutnya, pembuat septic tank harus membuat tembok di sekitar lokasi septic tank dibuat. Adapun manfaatnya, supaya kotoran tidak meluber. Sementara itu, cara membuatnya yakni buatlah tembok dari batu bata yang direkatkan dengan cement.

Kemudian, buat lubang di bawah tembok untuk mempermudah kelancaran masuknya tinja dari dalam kloset menuju tempat membuang feses. Sedangkan, kegunaan lainnya yakni supaya kotoran keras dan kotoran berair bisa terpisahkan dengan baik. Lalu, jika orang yang membuatkan septic tank merasa kesulitan membuat tembok, pembuat sepiteng bisa membuatkan saluran air.

3. Membuat Tempat Penutup Septic Tank

Langkah ketiga untuk membuat septic tank sederhana, yaitu membuat tempat  penutup agar tinja tidak mengalami kebocoran. Selain itu, agar bau kotoran dari septic tank tidak terhirup oleh pemilik rumah. Sedangkan, cara pembuatan penutup septic tank yaitu gunakanlah alas berbahan kayu yang kuat.

Lalu di cor memakai beberapa sendok semen. Kemudian, tunggu hingga kayu yang sudah di cor menjadi kering. Terakhir, pasanglah tutup perkayuan yang sudah di cor. Namun, orang yang membuat septic tank harus membuat bolongan sebagai alat untuk membuang bau kotoran septic tank dan memudahkan jalan untuk menyedot tinja.

4. Membuat Paralon Angin Di Sekitar septic tank

Membuat paralon angin sangat penting dalam pembuatan Septic tank. Tujuannya agar pembuangan kakus tidak mengalami ledakan karena adanya reaksi kimia antara kotoran yang bercampur dengan air. Caranya siapkan paralon dengan ukuran 4 meter. Lalu, potong paralon dan buatlah bolongan supaya udara dari septic tank keluar.

Lalu, rekatkan pipa paralon menggunakan beberapa sendok semen. Kemudian, pasang paralon udara yang sudah disemen ke dalam septic tank. Namun sebelumnya pembuat septic tank harus menambahkan kayu sebagai penahan. Tujuannya, agar paralon angin tidak mudah lepas.    

5. Melakukan Pengujian septic tank

Ini dilakukan sebagai langkah akhir sebelum memakai septic tank. Ada baiknya, bila orang yang membuat septic tank melakukan pengujian septic tank untuk memastikan pembuangan septic tank berjalan dengan lancar. Sementara itu, caranya adalah tes penyaluran pembuangan air yang dari kamar mandi ke dalam septic tank.  

Bila ada masalah segera ditangani supaya septic tank bisa berfungsi dengan baik. Sebab jika kerusakan tidak segera ditangani, akibatnya septic tank menjadi tersendat. Sehingga membuat septic tank tidak bisa menyaring feses dengan baik. Lalu, apabila pembuangan septic tank sudah kembali lancar, maka septic tank bisa digunakan oleh penghuni rumah.  

 

Demikian pembahasan mengenai step membuat septic tank sederhana yang bisa dipraktekkan oleh pemilik rumah. Sehingga penghuni rumah bisa menghemat biaya jasa pembuatan sepiteng. Namun, apabila langkah membuat septic tank masih kurang. Pembaca bisa mengunjungi situs https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/. Supaya pembaca dapat mendapatkan informasi lengkap cara membuat septic tank yang simpel.