6 Khasiat Lemon untuk Wajah

Lemon adalah buah yang mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin C, asam folat, asam sitrat dan masih banyak lagi. Sejak lama lemon telah digunakan untuk praktek kecantikan karena manfaat yang ditawarkannya. Banyak sekali manfaat lemon untuk wajah.

 

Manfaat Lemon untuk Wajah

Berikut adalah khasiat lemon untuk perawatan wajah:

Menghilangkan Komedo

Komedo adalah masalah yang tidak ada habisnya. Rasanya setiap orang sangat mengeluhkan masalah kulit wajah yang membandel ini.

Jika tidak segera ditangani, komedo dapat tumbuh menjadi jerawat. Lemon memiliki kandungan asam sitrat alami yang dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati penyebab komedo.

 

Menghilangkan Bekas Jerawat

Lemon juga mengandung zat AHA (alpha hydroxy acid) yang diakui ampuh menghilangkan bekas jerawat. Selain itu, kandungan asam sitrat pada lemon bekerja sebagai agen eksfoliasi alami untuk mengangkat sel kulit mati. 

Hal ini akan mendorong tubuh untuk meregenerasi sel-sel kulit baru dan menghilangkan bekas jerawat.

Mengatasi Wajah Berminyak

Kulit wajah berminyak seringkali mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Lemon mengandung asam sitrat yang berperan sebagai astringen, yaitu zat yang mampu mereduksi ukuran jaringan kulit sehingga meminimalkan produksi sekresi secara alami. 

Cukup peras lemon dan teteskan beberapa air lemon ke kapas, lalu oleskan perlahan ke seluruh permukaan wajah. Lebih baik dilakukan setelah mandi. 

Menyamarkan Kerutan dan Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C yang tersimpan dalam lemon adalah suatu zat antioksidan yang baik. Antioksidan berperan untuk mendorong produksi kolagen agar kulit terasa lebih kenyal dan tampak berseri. Antioksidan juga memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas.

Meregenerasi Sel Kulit Baru

Manfaat lemon untuk wajah selanjutnya memiliki kemampuan untuk mengeksfoliasi sel kulit mati dan mendongkrak pembuatan sel kulit baru. Dengan begitu, kulit wajah akan lebih kencang dan lembut.

Mencerahkan Kulit Wajah

Lemon dapat dijadikan sebagai bahan untuk masker wajah, kekayaan vitamin yang terkandung di dalamnya dapat membuat wajah tampak lebih bersinar. Asalkan penggunaannya rutin, vitamin C di dalamnya mampu mencerahkan kulit wajah seiring waktu. 

 

Lemon tidak hanya lezat dijadikan sebagai minuman. Kandungan vitamin pada lemon dipercaya ampuh meningkatkan dan menjaga kualitas kulit wajah. Silakan Anda mencoba sendiri untuk merasakan langsung khasiat lemon di atas!