Alat Penunjang Saat Bongkar dan Muat Barang

Alat Penunjang Saat Bongkar dan Muat Barang

Saat ini, semenjak dilakukan kebijakan batas aktivitas di tempat publik, selama berapa bulan ini sangat mempengaruhi bisnis pergudangan di berbagai penjuru daerah. Akan tetapi, makin banyak pelanggan yang membeli sebuah pasokan makanan atau kebutuhan rumah tangga sebagian cadangan makanan selama kebijakan tersebut di berlakukan.

Disaat seperti ini justru jasa angkut barang akhirnya semakin dibutuhkan. Terutama sebagai bantuan untuk pendistribusian antar kota dan luar kota. Oleh karena itu, kelengkapan dan peralatan dalam muat dan bongkar ikut berpengaruh terhadap kerja dari semua petugas yang ada di sektor distribusi.

Artikel Terkait : Sewa Truk Surabaya untuk Penggudangan

Proses Kegiatan Pergudangan

Peran penting dalam penyimpanan adalah gudang. Gudang dijadikan tempat sebagai kegiatan bongkar muat dalam distribusi barang. Dalam hal luas, kegiatan gudang ini sebagai jalan untuk beberapa alur.

Alat Penunjang Saat Bongkar dan Muat Barang

1. Receiving

Pada tahap ini ialah suatu jalan dalam penerimaan barang dari pengirim barang. Tidak hanya itu, kita wajib untuk meneliti barang yang sampai, apakah kualitas barang dan kuantitas barang tersebut memiliki kondisi yang baik sebelum masuk gudang. Agar nantinya jika terjadi kerusakan yang bukan dari pihak penyedia jasa, pihak pengirim atau penerima barang yang didistribusikan tidak menjalankan secara sepihak.

2. Put Away

Alur ini bisa dilakukan saat proses bongkar muat barang. Kita membutuhkan alat sebagai pendukung untuk bongkar muat agar mudah dalam melakukan proses ini. Adapun ketika bongkar muat, orang yang berlaku sebagai operator untuk memantau dan meneliti barang yang sedang atau telah di bongkar.

3. Storage

Pada bagian storage ini, barang yang sudah dipilah lalu di bawa dan dirapikan ke gudang. Hal ini bertujuan supaya ketika mengambil barang saat sudah waktunya keluar menjadi lebih mudah.

4. Picking 

Nah, di alur ini harus dilakukan secara baik. Tata letak yang baik, mempermudah kita saat proses mengambil dan menyimpan. Peletakkan yang baik bisa meminimalisir kerusakan fisik pada barang.

5. Packing

Barang yang sudah diambil pelanggan harus melewati alur sortir barang dan perlu dipastikan kualitas barang saat sampai di pelanggan. Barang yang sudah di packing dimasukkan ke angkutan barang. Dibutuhkan juga penunjang alat bongkar dan muat agar lebih mudah dalam proses ini.

6. Shipping

Alur terakhir saat proses pergudangan. Barang yang sudah melakukan alur di atas dan di masukan dalam angkutan segera dikirimkan ke konsumen. Angkutan truk bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan barang, berat, ukuran dan jenis barang yang diangkut.

 

Alat Bongkar Muat Barang

Pentingnya dalam proses bongkar muat suatu barang, sangat dibutuhkan sebuah penunjang untuk meringankan alur bongkar muat. Alat ini juga bisa meminimalisir kerusakan pada barang. Banyak alat yang dibutuhkan seperti terpal yang berfungsi untuk menutup barang agar tidak terkena hujan atau matahari yang membuat barang menjadi rusak.

Ada juga stopper yang digunakan untuk penahan ban. Alat ini difungsikan untuk menahan truk supaya tidak bergerak saat di jalanan yang menanjak. Karena jika mengandalkan rem tangan itu kurang efektif.

 

Sekian, untuk kamu yang saat ini sedang membutuhkan informasi mengenai penyewaan truk, kami menyarankan untuk membaca artikel https://sambalbukam.com/jasa-pindahan-rumah-surabaya-dan-sewa-truk-surabaya-harga-terjangkau/