Apakah Siswa SMA Wajib Punya Laptop?

Apakah siswa sma wajib punya laptop? Pertanyaan tersebut tentu sering menghantui terutama untuk siswa SMP akan melanjutkan ke tingkat menengah atas. Bagi beberapa kalangan tentu hal ini akan memberatkan karena tingkat pendapatan tidak sesuai dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Pertimbangan Mengapa Memiliki Laptop itu penting

Sebenarnya memiliki laptop bagi anak SMA wajib atau tidaknya tergantung dengan kebijakan sekolah serta jurusan yang diambil. Misalnya saja SMK Multimedia, tentu perlu memiliki perangkat tersebut untuk mengerjakan tugas seperti edit video, atau lainnya. Berikut beberapa alasan penting sebelum membelinya:

Menggantikan Peran Buku Cetak

Seorang pelajar tentu memerlukan buku cetak, apalagi untuk SMA. Fungsinya yaitu sebagai penunjang agar tidak tertinggal dengan lainnya, untuk mendapatkannya tentu harganya tidak murah. Menggunakan PC, memberi akses Anda untuk mendapatkan berbagai jurnal, PDF, ataupun software.

Memfasilitasi Metode Belajar Lebih Efektif

Laptop memfasilitasi guru untuk menyampaikan materinya melalui audio visual, hal ini sangat dibutuhkan terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Para tenaga pendidik akan lebih leluasa memformat bagaimana murid bisa menerima penjelasan dengan baik, misalnya menggunakan animasi bergerak.

Melatih Kreativitas

Pertanyaan terkait apakah siswa sma wajib punya laptop? Akan terjawab saat mengetahui fungsinya. Bagi Anda yang menyukai dunia desain, videografi, atau fotografi tentu perangkat tersebut bisa menjadi penunjang untuk mengembangkan bakat dan minat anak, karena bisa memuat berbagai aplikasi pendukung.

Memudahkan dalam Mengerjakan Soal Ujian

Kebanyakan sistem ujian yang ada saat ini adalah online, sehingga PC memiliki peran penting untuk menunjang kelancaran prosesnya. Meski bisa dikerjakan pada HP, namun tampilan layar luas akan mempercepat serta memudahkan saat mengerjakan ujian.

Memudahkan untuk Mencari Informasi

Kemajuan teknologi saat ini menuntut manusia untuk mengimbanginya dengan berbagai perangkat pendukung, misalnya laptop. Manfaat yang bisa didapat salah satunya adalah mudah dalam mencari informasi sehingga belajar bisa lebih maksimal, dengan catatan harus terhubung dengan internet.

 

Apakah siswa sma wajib punya laptop? pertanyaan tersebut tentu sudah terjawab di atas. Sebelum memutuskannya jika memang tidak memungkinkan sebaiknya konsultasikan kepada pihak sekolah, atau memanfaatkan keberadaan gadget terlebih dahulu.

Sumber : https://www.seputarpengetahuan.co.id/