hpl kayu

Berikut Ini Cara Merawat HPL Kayu Supaya Tampilan Tetap Mengkilap

Anda punya furniture di rumah yang menggunakan bahan HPL kayu? Jika punya tentu harus tahu bagaimana cara merawatnya supaya tetap awet dan mengkilap tampilannya. Sebagai contohnya ada banyak furniture dengan HPL kayu seperti meja, kursi, lemari dan pintu yang biasanya akan berubah kondisinya ketika sedang musim hujan seperti sekarang atau saat cuaca sedang lembab. Jadi dengan begitu Anda harus paham dan hati-hati dengan furniture yang ada dalam rumah Anda jika tidak ingin furniture tersebut rusak karena jamur dan lain-lain.

Biasanya orang-orang yang punya furniture dengan HPL kayu akan berpikir bahwa hanya dengan rajin membersihkannya dari debu maka furniture tersebut akan awet dan tampilannya juga tetap terjaga. Padahal tidak hanya masalah debu saja yang harus dibersihkan secara rutin supaya furniture tersebut tetap awet, berikut ini beberapa tips merawat furniture dengan HPL kayu supaya awet dan tampilnya tetap mengkilap.

hpl kayu

•    Hindarkan dari paparan sinar matahari langsung

Furniture dengan HPL kayu memang tidak bisa berada pada suhu udara yang sangat lembab, namun perlu Anda garis bawahi juga jika furniture dengan HPL kayu ternyata juga cepat rusak jika berada pada paparan sinar matahari secara langsung secara terus-menerus. Warnanya akan cepat pudar dan tidak lagi mengkilap apalagi jika di tempatkan di luar ruangan yang panas dan banyak debu namun tidak dibersihkan dan dirawat secara maksimal, dapat dipastikan jika furniture tersebut tidak akan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. 

•    Hindari menempatkan bahan-bahan yang bentuknya cair

Jika Anda punya furniture dengan HPL kayu usahakan jangan menaruh barang atau cairan kimia yang berbahaya yang bisa merusak HPL kayu tersebut. Karena jika sampai terkena percikan cairan kimia tersebut maka dipastikan akan bereaksi pada HPL kayu yang nantinya akan menyebabkan kerusakan yang cukup parah. 

•    Lap dengan kain bersih

Usahakan untuk selalu merawat dan membersihkan furniture dengan HPL kayu secara rutin supaya debu tidak menempel dan akan berpengaruh pada tampilan furniture tersebut. Gunakan lap atau kain bersih yang berbahan dasar kaos atau bisa juga dengan menggunakan kanebo secara rutin.

 

Dengan beberapa tips yang disebutkan di atas tentang bagaimana cara merawat furniture dengan HPL kayu maka akan membuat furniture tersebut awet dan tampilannya akan selalu mengkilap. Namun supaya lebih baik dan tampilannya juga tidak cepat pudar, Anda juga bisa melakukan pemolesan ulang setiap enam bulan sekali. Tujuannya supaya warna furniture HPL kayu tersebut tetap terjaga dan selalu mengkilap. Satu hal lain yang juga tidak boleh Anda abaikan adalah hindarkan furniture dari bahan-bahan seperti pisau, pensil, spidol yang akan membuat goresan pada HPL kayu yang tidak bisa dihindarkan yang susah untuk dibersihkan.