Bersalaman Setelah Sholat

Para Pembaca yang kami banggakan. Semoga rahmat Allah selalu tercurahkan kepada kita semua Aamiin. Pada kesempatan kali ini kami akan menerangkan tentang bersalaman usai berjamaah sholat.

Bersalaman Sesudah Berjama’ah Sholat

Bersalam-salaman itu sudah pasti kita semua sangat memahami. Akan tetapi yang jadi masalah sekarang justru ada yang mempermasalahkan soal bersalaman setelah sholat. Dulu waktu kami masih di pondok tidak pernah mendengar tentang larangan bersalaman baik setelah sholat ataupun di luar sholat. Tapi akhir-akhir ini banyak sekali orang yang mengatakan "tidak boleh" katanya. "Lalu bagaimana yang sebenarnya?". Simak jawabannya di bawah ini.

Bersalam-salaman

Bersalaman ini pada dasarnya sangat dianjurkan oleh Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa salaam. Ada banyak hadits yang menerangkan tentang keutamaannya bersalaman. Sampai ada hadits yang menerangkan fadhilah salaman yang pada intinya ialah; “Siapa orang yang bersalaman dengan sahabatnya maka dosa keduanya akan dihapuskan sebelum mereka berdua itu berpisah”.

Sebetulnya bersalam sesudah sholat pun itu sangat baik karena hal itu tentu akan menambah eratnya persaudaraan sesama jamaah. Dan kelakuan bersalaman ini sesungguhnya sama sekali tidak merusak sholat. Karena salaman tersebut dilakukan setelah sholat selesai dengan sempurna.

Hukum Bersalam-salaman Sesudah Sholat

Walaupun sudah jelas bahwa salaman itu berpahala, tapi masih juga banyak orang yang mempertanyakan soal hukumnya bersalaman usai sholat. Bahkan ada yang sampai berani mengatakan; “Bersalaman setelah sholat itu hukumnya Bid’ah”. Alasan mereka itu katanya tidak ada dalil.

Baik saudarku semua sekarang kita berpikir bodoh saja lah. “Sholat itu dimulai dari mana? Dan diakhiri sampai ke mana?”. Jika itu pertanyaan yang diajukan, maka tentu jawabannya adalah; “Sholat itu dibuka dengan Takbirotul Ihrom, dan diakhiri dengan Salam”.

Artinya jika kita sudah mengucapkan salam ke sebelah kanan saja itu sudah cukup apalagi sampai kita ucapkan salam ke sebelah kiri jelas itu lebih sempurna. Dengan demikian berarti sholat kita sudah selesai. Nah jika sudah selesai pertanyaannya adakah dalil larangan beraktivitas?

Jelas jawabannya, “tidak ada”. Nah dari sini saja sudah jelas sekali bahwa bersalaman setelah selesai sholat itu sama sekali tidak ada larangan. Yang dilarang itu bersalaman sedang melaksanakan sholat ini sudah pasti membatalkan sholat. Demikian uraian singkat yang kami sampaikan semoga manfaat.

Kunjungi : https://www.fiqih.co.id/