Cara Bikin Keset Kaki Sabut Kelapa serta Berbagai Kerajinan dari Sabut Kelapa Lainnya

Keset merupakan salah satu alat pembersih yang terdiri dari beberapa bagian serat ataupun serabut kaku dan umumnya terikat atau terpasang menjadi satu bagian yang tipis. Bentuk pada keset hampir selalu berubah mulai dari bahan kain, senar, bulu-bulu halus, kawat, sampai pada seikatan serat-serat alami.

Awal mulanya, keset mempunyai bentuk persegi panjang, tetapi bentuk yang semula dibuat menjadi beberapa bentuk dan digunakan seperti pada umumnya untuk kaki. Keset bisa diikatkan bisa diberi bingkai seperti kayu agar dapat tahan lebih lama, bisa yang terbuat dari karet, sabut kelapa ataupun dari atom.

Cara Bikin Keset Kaki Sabut Kelapa

Bahan-bahan:

Alat :

  • Rimbagan
  • Palu
  • Pisau
  • Gunting
  • Gobet

Cara Membuat:

  1. Pertama siapkan alat serta bahannya. Lalu bentuklah sabut kelapa menjadi seperti bantal. Pasangkan tambang atau tali pada rimbagan sebagai alur dalam melakukan penganyaman.
  2. Kemudian oleskan minyak secukupnya pada tali tersebut supaya pada saat bahannya dianyam tak tersendat.
  3. Anyamlah tali untuk awalan sekaligus untuk menjadi pondasinya. Anyam sabut kelapa layaknya saat sedang menenun, masukan dari bagian atas ditata sejajar hingga seluruhnya telah terisi penuh.
  4. Pada setiap satu baris dirapatkan dengan cara dipukul-pukul dari bagian atas menggunakan palu supaya keset menjadi padat serta mempunyai kekuatan.
  5. Jika sudah selesai melakukan peganyaman, lalu permukaan keset dipangkas supaya rata. Kunci tali ataupun tambang supaya anyamannya tak mudah lepas.

 

Berbagai Kerajinan dari Sabut Kelapa Lainnya

1. Tali Tambang dari Sabut Kelapa

Tali tambang merupakan salah satu kerajinan yang terbuat dari sabut kelapa dan cukup mudah dibuat, walau untuk pemula sekalipun. Ukuran diameter tali tambang yang dijual di pasaran juga bermacam-macam tergantung dari ketebalannya.

Lilitan yang terdapat pada tali tambang disebut dengan ply dan biasanya yang sering dijual di pasaran sekitar 2 hingga 3 ply. Terdapat juga yang lebih dari kisaran 3 ply dan umumnya dipakai pada pekerjaan berat untuk mengangkat beban.

2. Briket Unik dari Sabut Kelapa

Saat mendengarkan kata briket, mungkin yang terlintas di kepala ialah bahan pembakaran yang biasanya berasal dari batu bara ataupun tempurung kelapa. Di periode modern seperti saat ini sudah ada briket yang dibuat dengan berbahan dasar sabut kelapa. Briket merupakan salah satu kerajinan dari sabut kelapa yang mempunyai sifat lebih ramah lingkungan serta biaya produksinya yang lebih relatif lebih murah. Alasan kenapa diproduksi menjadi briket yakni sebab sabut kelapa mempunyai unsur karbon.

3. Jok Mobil dari Sabut Kelapa

Berikutnya produk kerajinan dari sabut kelapa yaitu jok mobil dan ini masih sangat jarang diketahui sebagian orang. Sementara industri otomotif brand yang sudah terkenal seperti Mercedes Benz, di beberapa mobil keluarannya telah memakai jok yang dibuat dari sabut kelapa.

Pemakaian sabut kelapa sebagai jok ini dikarenakan daya lentur yang dihasilkan. Disisi lain juga mempunya daya tahan yang bagus dan tak berbau. Selain itu sabut kelapa juga dianggap mempunyai tingkat pencemaran yang cukup rendah.

4. Sapu Ijuk dari Sabut Kelapa

Di Indonesia, sapu ijuk yang dibuat dari sabut kelapa sangatlah tak asing dan sudah menjadi salah satu peralatan rumah tangga sebagai alat bersih-bersih. Jenis sabut kelapa yang dipakai untuk membuat sapu ijuk yakni sabut kelapa yang bertekstur halus dan tipis. Sapu ijuk merupakan kerajinan dari sabut kelapa yang cukup sederhana dibuat dengan modal yang relatif terjangkau.

 

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.