Cara Giling Daging Ayam Manual Dijamin Mudah

Daging ayam giling adalah olahan dari daging ayam yang telah digiling dengan mesin penggiling daging sehingga mempunyai tekstur yang sangat lembut. Daging ayam giling tak mempunyai potongan tulang sama sekali di dalamnya. Sehingga daging ayam yang digunakan untuk digiling ialah daging ayam yang telah di fillet ataupun tanpa tulang.

Daging ayam giling ini saat diolah tak mempunyai begitu banyak serat yang terlihat ketika dimasak sebab saat dimasak daging ayam giling akan terbentuk secara alami layaknya bulatan kecil yang halus. Daging ayam giling juga termasuk dalam bahan masakan yang sangat mudah diolah sebab Anda tak perlu mencucinya kembali karena telah dibersihkan pada saat diproses penggilingan.

Daging ayam giling ini umumnya dipakai untuk membuat masakan layaknya isian pangsit, makanan bayi maupun untuk membuat daging burger. Daging ayam giling ini dapat juga dibuat menjadi bakso ayam karena Anda hanya perlu mencampurkan sedikit bahan tambahan lalu membentuknya menjadi bulatan.

Cara Giling Daging Ayam Manual

1. Pilihlah Potongan Daging yang Tepat

Apabila ingin menggiling daging, pastikan dulu Anda harus tahu daging bagian mana yang gampang untuk diolah. Hindari menggunakan daging yang terkandung banyak tulangsebab akan keras saat hendak diiris kecil-kecil. Untuk menggunakan daging ayam, pilihlah daging yang bebas tulang supaya mudah saat digiling.

2. Potong Daging Menjadi Kecil-kecil

Selanjutnya pastikan terlebih dulu untuk membuang selaput lemak yang ada pada daging. Lalu, potong membentuk persegi atau kecil-kecil berukuran sekitar 1 cm supaya lebih mudah untuk diproses. Usahakan pada setiap potongan mempunyai ukuran yang sama.

3. Giling (Cincang) Daging Dengan Pisau

Dari sinilah sebagian besar orang yang hendak menggiling daging dengan cara manual. Daripada Anda menggiling daging ayam dipasar tradisional sebab tempatnya yang ramai dan belum tentu juga daging yang sudah digiling bersih. Caranya Anda perlu menyediakan talenan untuk alas yang berfungsi sebagai memotong daging.

Pakailah pisau yang cukup tajam. Sebelum ingin memotong, campurkan daging dengan pecahan es batu kecil, lalu iris daging tipis-tipis dengan gerakan yang satu arah. Lalu balik gilingan supaya hasilnya merata.

4. Menggunakan Alat Penggiling Manual

Alat penggiling daging manual ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang hanya menggiling daging dengan kapasitas sedikit. Dalam menggunakan alat ini Anda tak perlu menggunakan listrik, pemakaian alat penggiling daging ini tentu dapat menghemat listrik

Kualitas yang terdapat pada alat penggiling daging manual ini cukup berkualitas dengan bahan pembuatan yang kuat dan berkualitas. Alat penggiling daging manual ini dapat dilakukan dengan cara yang mudah dengan hanya memutar handle lalu daging akan tergiling dengan sendirinya.

Untuk mengolah aneka jenis masakan dari bahan daging ayam pun dapat digunakan dengan mudah, alat penggiling ini juga dapat menjadi tambahan untuk pelengkap peralatan dapur di rumah Anda. Namun jika Anda ingin lebih praktis gunakanlah mesin gilingan daging.

 

Cara Menyimpan Daging Giling Mentah

  • Pertama bentuk daging giling menjadi bola-bola yang kecil.
  • Kemudian, tata di dalam wadah kedap udara dan jangan terlalu sempit. Hal ini dapat membuat bulatan daging menjadi menempel dan susah ketika akan dikeluarkan.
  • Simpan di dalam freezer.
  • Jika daging ingin dipotong saat masih beku bisa dipotong dengan mesin potong daging beku dan tunggu hingga suhunya sama dengan suhu pada udara

Itu dia info yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba!