cara membuat cold brew coffee manual

Cara Membuat Cold Brew Coffee Manual

Saat ini metode cold brewing semakin berkembang dan sudah banyak metode brewing yang menggunakan metode yang sama. Di bawah ini adalah beberapa tempat pembuatan bir lain yang kurang konvensional.

Sebenarnya konsep dasar dari cold brewing yaitu mencampurkan air dingin atau air suhu ruangan dengan bubuk kopi yang telah digiling secara menyeluruh, kemudian didiamkan selama 12 jam kemudian disaring. Konsentrat kopi yang dihasilkan bisa disajikan menjadi minuman panas atau dingin. Untuk rasa yang maksimal, simpan konsentrat kopi pada wadah yang tertutup di lemari es lalu dapat diminum setelah kurang dari dua minggu.

Cara Membuat Cold Brew

Peralatan

  • Wadah/botol sirup 1 liter
  • Skala
  • Corong
  • Penggiling kopi
  • Kain Sabun
  • Kulkas

Bahan

  • Biji kopi
  • Air mineral

Cara Membuat :

  1. Buat biji kopi (cukup kasar, tidak perlu terlalu halus) hingga 70 gr. Lihat contoh putaran kasar pada gambar di kiri bawah.
  2. Tempatkan ampas kopi dalam wadah/botol dengan corong.
  3. Tuang 500 gram air dingin atau air suhu ruangan. Perbandingan yang biasa digunakan adalah 1:7 (1 gram kopi dengan 7 gram air), tetapi perbandingannya bisa diubah-ubah sesuai selera. Rasio ini akan mempengaruhi kepadatan kopi. Semakin banyak air daripada kopi, semakin encer roti itu.
  4. Tutup wadah dengan rapat.
  5. Simpan wadah berisi kopi sangrai di lemari es selama kurang lebih 12 jam

cara membuat cold brew coffee manual

Manfaat Minum Kopi Dingin

Proses pembuatan yang berbeda ini menyebabkan sejumlah manfaat luar biasa yang didapat dari konsumsi kopi jenis ini. Berikut lima manfaat ajaib yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi kopi cold brew.

1. Meningkatkan suasana hati secara efektif

Kafein, yang muncul dalam kopi seduh dingin, memiliki kemampuan tidak hanya untuk membantu menjaga fokus, tapi juga meningkatkan mood, terutama saat Anda kurang tidur. Penelitian dilakukan ke sejumlah orang mengatakan bahwa mengonsumsi kopi  membuat mereka memiliki rata-rata tingkat depresi yang lebih rendah. Tingkat depresi pada seseorang mengalami penurunan hingga 8 persen.

2. Meningkatkan metabolisme

Semakin tinggi metabolisme dalam tubuh seseorang, maka semakin banyak pula kalori yang akan dibakar saat Anda beristirahat. Kopi dikatakan dapat membantu menaikan metabolisme seseorang sebanyak 11%.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Segelas kopi dingin mengandung senyawa yang melawan kondisi yang mempengaruhi jantung, termasuk stroke, serangan jantung dan penyakit arteri koroner lainnya. Selain itu, senyawa yang ditemukan dalam kopi dingin yang dapat menaikan sensitivitas insulin dan menstabilkan gula darah.

4. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson

Baik penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson keduanya disebabkan oleh kondisi neurodegeneratif. Hal ini disebabkan kematian sel-sel otak yang terjadi seiring waktu.

Kedua penyakit ini bisa menurunkan kesehatan mental dan demensia. Dengan mengkonsumsi kopi dingin, Anda bisa lebih efektif mengurangi penyakit yang berhubungan dengan penyakit ini.

5. Membantu Anda hidup lebih lama

Secara umum, mengonsumsi kopi dingin dapat menurunkan risiko kematian. Hal ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, stroke, cedera, diabetes, kecelakaan, sistem pernapasan, dan infeksi. Salah satu alasan untuk hubungan ini adalah bahwa kopi mengandung antioksidan yang tinggi.

 

Yap itu saja yang saya akan sampaikan pada artikel cara membuat cold brew coffee manual kali ini, nah bagi kalian yang tidak suka susah bisa menggunakan mesin kopi untuk mengolahnya, lalu pastikan kalian menggunakan mesin yang berkualitas dengan membeli dari produsen mesin yang berkualitas juga.