jamu kunyit sirih pinang

Cara Membuat Jamu Kunyit Sirih Pinang di Rumah

Jamu kunyit sirih pinang sering dicari oleh masyarakat sebagai minuman tradisional untuk diet. Selain untuk diet, banyak juga orang yang mencarinya karena telah mengetahui manfaat serta kandungannya. Yang pasti, tidak semua jamu dikonsumsi hanya untuk meredakan penyakit saja. Karena ada juga jenis jamu yang memang dijadikan konsumsi sehari-hari.

Jamu kunyit sirih pinang ini termasuk jamu yang komplit, karena didalamnya sudah termuat kunyit sirih, serta pinang yang sebenarnya juga bisa jika disajikan dalam satu bahan tersebut. Dengan mengkonsumsi jamu yang menggunakan satu bahan saja manfaat yang didapatkan sudah melimpah, bagaimana dengan jamu yang menggunakan berbagai macam bahan seperti ini?

Hal tersebut akan sama-sama kita bahas disini. Tidak hanya cara membuat jamu kunyit sirih pinang saja, melainkan juga dengan pembahasan topik-topik lain yang berhubungan. Silahkan disimak sampai habis ya!!!

 

Jamu Kunyit Sirih Pinang

jamu kunyit sirih pinang

Jamu ini merupakan jamu racikan dari kunyit, sirih dan juga pinang yang diolah tanpa menggunakan bahan pengawet. Umumnya jamu ini dapat menetralkan racun, serta dapat pula untuk menurunkan berat badan. Rasa yang ditawarkan pun segar seperti khasnya jamu. Pembuatannya dapat menggunakan mesin penggiling jamu.

 

Manfaat Jamu Kunyit Sirih Pinang

Berikut ini merupakan manfaat pada jamu kunyit sirih pinang yang biasanya juga dijadikan alasan seseorang untuk mengkonsumsinya.

1.Mengontrol Berat Badan

Hal ini dapat terjadi karena jamu kunyit sirih pinang dapat melancarkan metabolisme tubuh, sehingga berat badan akan dapat terkontrol dengan baik. Kunyit yang ada juga dapat mengontrol nafsu makan supaya teratur dan juga dapat mencegah konsumsi makan yang berlebihan.

2.Mengatasi Bau Badan

Jamu umumnya memiliki sifat antibakteri yang dapat mengatasi bau badan. Zat klavikula dan estradiol yang ada dalam jamu juga membuat bau badan berkurang karena dapat mengontrol kelenjar minyak yang menyebabkan bau badan.

3.Mengontrol Diabetes

Sirih mempunyai kandungan yang dapat mengontrol gula darah, sehingga bisa mencegah peradangan yang akan menyebabkan kenaikan gula darah. Begitupun dengan kurkumin yang mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah serta komplikasi yang terkait dengan diabetes lainnya.

4.Mengatasi Nyeri Haid

Jamu kunyit sirih pinang juga biasanya dikonsumsi untuk mengurangi nyeri haid. Karena kunyit dapat berguna untuk meredakan nyeri, serta mempermudah peluruhan dinding rahim. Begitupun dengan kandungan kurkumin yang berfungsi sebagai inflamasi sehingga dapat mengurangi kontraksi.

5.Detoksifikasi Tubuh

Kunyit, sirih, dan pinang memiliki sifat detoksifikasi yang dapat mengeluarkan racun sebagai awal mula terjadinya berbagai penyakit. Selain itu, kunyit juga dapat mendukung fungsi hati supaya terhindar dari racun yang menyebabkan kerusakan.

 

Cara Membuat Jamu Kunyit Sirih Pinang

 

Berikut ini akan ditampilkan cara membuat jamu kunyit sirih pinang yang dapat kamu ikuti juga cara pembuatannya.

Bahan Bahan :

  • ½ kg kunyit
  • ¼ kg gula jawa
  • 7 ruas daun sirih
  • 5 buah bagian putih dari pinang
  • 1 ruas gambir
  • 2 lair
  • 5 biji manjakani
  • 1 sendok makan asam jawa
  • Kunci pepet yang kering

Cara Membuat :

  1. Langkah yang pertama tentu saja kamu harus membersihkan kunyit sampai bersih, yang mana jika sudah kamu dapat memotongnya.
  2. Setelah itu blenderlah kunyit dan pinang sampai halus, atau dapat juga menggunakan mesin jamu herbal.
  3. Jika sudah kamu dapat merebus semua bahan tadi dengan menambahkan air, kemudian masak sampai kurang lebih 30 menit menggunakan api kecil.
  4. Selanjutnya jika sudah matang, kamu dapat menunggunya sampai dingin. Lalu ambil airnya dengan cara penyaringan.
  5. Setelah sudah disaring, kamu dapat memindahkan air jamu tersebut kedalam botol dan jamu pun dapat dikonsumsi.

Untuk yang tidak dapat sekali habis dalam mengkonsumsinya, kamu dapat memasukkan kedalam kulkas. Karena dengan begitu jamu akan bertahan kurang lebih 4-5 hari.

 

Penutup

Semua jamu memiliki manfaatnya masing masing, kamu pun dapat mengkonsumsi sesuai dengan kebutuhan dari manfaat yang kamu butuhkan. Inilah baiknya, sebelum mengkonsumsi kamu mencari tahu kandungan ataupun manfaat dari jamu tersebut supaya dapat lebih terasa manfaatnya. Pembuatan jamu ini dapat kamu lakukan sendiri dirumah untuk mendapatkan hasil yang berkualitas dan bersih. Semoga dapat bermanfaat!!!