Cara Membuat Surat Izin Tempat Usaha

Cara Membuat Surat Izin Tempat Usaha

Seseorang yang hendak mengembangkan bisnis, tentu membutuhkan lahan untuk melakukannya. Lokasi untuk penempatan perusahaan memanglah sangat dibutuhkan bagi pengusaha. Cara membuat surat izin tempat usaha pun, juga kini menjadi pertanyaan bagi pebisnis pemula.

 

Ketahui Apa Itu SITU?

Surat yang dapat dijadikan sebagai bukti kepemilikan tempat berusaha merupakan pengertian singkat dari SITU. Keterangan ini merupakan sebuah pernyataan sah secara hukum, yang mana telah diatur dalam Perda (Peraturan Daerah). Oleh sebab itu pelaku usaha wajib memilikinya sebelum SIUP.

Blog informasi hukum justika menyatakan bahwa SITU (Surat Izin Tempat Usaha) memiliki perbedaan aturan pada tiap daerah. Hal ini karena peraturan yang ada tergantung pada kebijakan dari pemerintahan terdekat dari lokasi perusahaan.

Pihak yang berhak untuk menerbitkan SITU (Surat Izin Tempat Usaha) yakni pemerintah daerah tingkat kota atau kabupaten. Proses ini biasanya dilakukan oleh kantor PTSP (Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu) pada masing-masing wilayah.

Cara Membuat Surat Izin Tempat Usaha

Kapan SITU Dibuat?

Sesuai prosedur yang berlaku, pembuatan SITU adalah sebelum mendirikan bangunan dan proses kerja. Proses pengajuan Surat Izin Tempat Usaha tidak dikenakan biaya sama sekali, akan tetapi pelaku bisnis perlu melakukan retribusi untuk membuat HO (Izin Gangguan) sesuai luas lahan.

Mengurus SITU setelah bangunan untuk usaha berdiri atau proses berusaha berjalan, menyebabkan pelaku bisnis akan terkena sanksi. Agar menghindari hal itu, sebaiknya pengusaha mengurusnya sebelum bukan sesudah.

 

Cara Membuat SITU (Surat Izin Tempat Usaha)

Proses pembuatan SITU dapat dilakukan oleh pelaku bisnis dengan mudah. Akan tetapi tidak semua prosedur semudah yang dibayangkan, pada daerah tertentu mengurus surat ini juga cukup rumit. Akan tetapi berikut cara paling umum dalam pengajuan keterangan terkait lahan usaha tersebut:

  • Pelaku usaha menuju langsung pada Dinas PTSP tingkat kota/kabupaten setempat
  • Membawa syarat-syarat sesuai kebutuhan
  • Mengisi formulir sesuai permintaan
  • Kemudian memberi paraf / tanda tangan
  • Setelah formulir lengkap, pelaku usaha dapat memberikannya pada petugas pemerintahan kecamatan
  • Selanjutnya membawa formulir (disahkan camat) pada kantor pemerintahan tingkat kabupaten
  • Registrasi
  • Mendaftarkan ulang usaha
  • Formulir akan dicek, jika terverifikasi maka akan menjadi SITU
  • SITU diterbitkan, pelaku usaha dapat mengambilnya untuk mengembangkan bisnis

 

Kelebihan memiliki SITU bagi Usaha

Perusahaan yang memiliki SITU pastinya akan memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan lainnya. Hal ini tentu menjadikan pelaku bisnis dapat lebih percaya diri untuk mengembangkan usaha yang sedang ditangani. Ole itu berikut beberapa hal didapat dengan adanya Surat Izin Tempat Usaha:

1. Perusahaan Lebih Tertib

Mengurus SITU tentunya sudah mencerminkan sikap perusahaan serta pelaku usaha yang tertib pada aturan pemerintah. Hal ini ternyata dapat dijadikan sebagai sarana pendukung, dalam menambah daya tarik konsumen, investor atau calon mitra kerja.

Tidak hanya itu saja dengan mengurus SITU, maka secara tidak langsung pelaku usaha telah melakukan hal yang baik dan dapat menjadi contoh bagi karyawannya. Perilaku ini tentunya dapat menimbulkan sikap jujur tenaga kerja, yang sebelumnya telah dicontohkan oleh kepala perusahaan.

2. Mendapat Binaan dari Pemerintah

Mengurus SITU ternyata juga berdampak pada pengarahan serta binaan dari pemerintah setempat. Hal ini tentunya dapat menjadikan perkembangan bisnis semakin cepat. Tidak hanya itu, proses perjalanan usaha juga akan semakin lancar.

Pemerintahan setempat cenderung akan lebih mendukung usaha yang legal daripada ilegal. Oleh sebab itu dukungan inilah yang sebenarnya dibutuhkan bagi pengusaha, dalam upaya perkembangan bisnis tersebut.

 

Demikian sedikit ulasan cara membuat surat izin tempat usaha yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda dalam dunia bisnis.