Cara menjadi developer perumahan

Cara Menjadi Developer Perumahan dan Cara Mengecek Legalitasnya

Sudah menjadi hal wajib bagi developer untuk mengurusi segala persyaratan cara menjadi developer perumahan dan cara cek legalitasnya. Namun anda juga perlu tahu cara mengecek legalitas suatu developer perumahan.

Sebenarnya, dalam mengecek legalitas developer bisa anda lakukan dengan menggali informasi ataupun melalui situs web.

Developer perumahan Cikarang griya pratama, membagikan caranya agar bisa mendapatkan developer terpercaya.

Nah, agar lebih jelas, simak cara menjadi developer perumahan dan cara cek legalitasnya berikut ini.

Cara menjadi developer perumahan

Menemukan Developer Terpercaya

Bagi anda yang baru pertama kali hendak membeli rumah, akan sulit mengetahui mana developer yang terpercaya dan mana yang tidak. Karena tidak semua developer memiliki legalitas yang jelas.

Untuk mengetahuinya, anda bisa menggali informasi dengan cara menanyakan pada developer tentang beberapa hal.

Dimulai dari berapa lama usahanya berkmbang, sudah berapa banyak proyek yang dikerjakannya, serta apakah developer memiliki bukti bahwa usahanya benar-benar layak.

Mengetahui Profil Developer

Setelah mendapat informasi sedikit dari developer, anda juga perlu mengetahui profil developer secara jelas. Pengecekan bisa anda lakukan dengan menanyakan berkas yang dimiliki.

Selain itu, jika anda memiliki rekan yang pernah menggunakan layanannya, sebaiknya anda juga perlu mengeceknya lebih jauh mulai dari history, sistem pembayaran dan ketentuan dalam kesepakatannya.

Mengecek Melalui Layanan SIRENG

Kementerian PUPR kini telah mengembangkan layanan digital untuk pengecekan legalitas developer yakni melalui SIRENG. Layanan ini bisa anda akses melalui situs resminya.

Setelah itu, anda tinggal memasukkan kata kunci, misalnya nama developer yang anda tuju. Kemudian klik tombol tampilkan data, maka data akan muncul di layar.

Mengecek Melalui Asosiasi Developer

Cara lainnya yang dalam cara menjadi developer perumahan dan cara cek legalitasnya yakni mengeceknya melalui asosiasi developer terkait.

Proses pengecekan anda lakukan jika developer belum terdaftar atau masih pasif. Dari pengecekan melalui asosiasi ini, dipastikan informasi yang anda dapatkan adalah riil.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai cara menjadi developer perumahan dan cara cek legalitasnya.

Beberapa cara diatas bisa anda jadikan pedoman sebelum memutuskan memilih developer yang tepat.