Cara Pinjam Uang di Koperasi Alfamart, Solusi Bagi Karyawan yang Butuh Dana Darurat

Alfamart memberikan fasilitas koperasi simpan pinjam bagi para karyawannya. Hal ini pastinya sangat membantu kesejahteraan para pekerjanya yang membutuhkan dana darurat untuk suatu keperluan. Nah bagi karyawan yang sudah tergabung dengan unit koperasi ini, harus tau cara pinjam uang di koperasi Alfamart dengan benar. Bagaimanakan caranya? Simak artikel pembahasannya dibawah!

 

1. Memenuhi Persyaratan yang Telah Ditentukan

Untuk dapat meminjam uang di koperasi Alfamart para karyawan maupun pekerjanya wajib memenuhi syarat yang sudah ditentukan oleh pihak koperasi terlebih dahulu. Sudah terdaftar sebagai anggota koperasi Alfamart selama minimal 6 bulan adalah syarat utamanya. Karyawan yang ingin meminjam juga tidak boleh memiliki tanggungan pinjaman yang belum dibayar di koperasi Alfamart.

Selain itu, karyawan yang masuk kedalam daftar hitam BI checking juga dilarang untuk meminjam. Karyawan yang akan mengajukan pinjaman sebaiknya tidak memiliki riwayat yang buruk selama bekerja dan setuju terhadap segala peraturan dan ketentuan yang telah dibuat koperasi.

2. Mengakses Situs Web Koperasi Alfamart Intranet

Setelah dirasa memenuhi syarat yang sudah dijabarkan diatas, karyawan yang ingin meminjam dapat mengakses situs web Intranet di mesin penelusuran atau browser. Koperasi Alfamart memang menerapkan metode peminjaman seperti pinjaman online melalui situs web Intranet. Hal ini dikarenakan metode tersebut dinilai lebih mudah dan otomatis data akan masuk ke sistem.

Dengan bantuan Intranet, pihak koperasi tak perlu lagi memasukkan data peminjam secara manual ke dalam sistem koperasi. Hal ini tentu lebih efisien dan meminimalisir kesalahan input yang sering terjadi jika penginputan dilakukan manual. Selain itu, hanya karyawan Alfamart saja yang dapat mengakses Intranet, masyarakat umum yang bukan karyawan tidak bisa.

3. Masuk ke Intranet Menggunakan Akun yang Telah Terdaftar

Cara pinjam uang di koperasi Alfamart berikutnya adalah masuk atau login ke halaman situs web Intranet memakai akun yang telah terdaftar sebagai karyawan Alfamart. Untuk dapat login, karyawan yang ingin meminjam dapat memasukan NIK yang sudah terdaftar dan juga password. Pada kolom perusahaan, karyawan Alfamart dapat memilih Sumber Alfaria Trijaya (SAT).

Jika NIK dan password yang dimasukkan sudah benar dan berhasil masuk, pengguna situs atau karyawan Alfamart dapat langsung memilih SAP. Pilih SAP sesuai dengan jenis tempat kerja saat ini, yaitu dapat meliputi Alfamart atau Alfamidi.

4. Melakukan Berbagai Pengisian Data untuk Pengajuan Pinjaman

Setelah karyawan berhasil masuk, hal yang dapat dilakukan selanjutnya adalah mengisi data agar dapat melakukan pinjaman. Data yang diisi dapat meliputi jenis kebutuhan sebagai alasan karyawan meminjam dana. Tentukan dan temukan alasannya dengan jelas agar proses pengajuan dapat diterima. Selain itu, peminjam juga akan diminta untuk menentukan nominal uang pinjaman.

Peminjam dapat memilih nominal pinjaman dana dari koperasi Alfamart sesuai kebutuhan. Pastikan untuk meminjam seperlunya agar tidak keberatan saat melakukan pengembalian. Peminjam juga akan diminta untuk memilih tenor pengembalian yang sudah disediakan oleh sistem. Sesuaikan tenor pengembalian dengan jumlah nominal pinjaman dengan benar dan setelah itu klik “Ajukan Dana”.

5. Menunggu Konfirmasi Persetujuan Dan dan Proses Pencairan Dana

Cara pinjam uang di koperasi Alfamart yang terakhir adalah menunggu hingga peminjam mendapatkan Email berisi persetujuan peminjaman dana dari pihak koperasi. Untuk bisa mendapatkan konfirmasi tersebut memerlukan waktu 1×24 jam. Namun, meskipun peminjaman dana sudah disetujui, peminjam tetap harus menunggu hingga pencairan dapat diproses dan dana masuk ke rekening peminjam.

Hal ini dikarenakan, pinjaman melalui koperasi Alfamart memiliki tanggal-tanggal tertentu terkait pencairan dananya. Jika peminjam mengajukan pinjaman pada tanggal 1-10 maka dana akan dicairkan pada tanggal 25. Jika pengajuan dilakukan tanggal  11-20, dana pencairan akan turun pada tanggal 5. Dan untuk tanggal 21- 31 sendiri akan cair pada tanggal 15.

 

Nah, itu dia cara pinjam uang di koperasi Alfamart bagi karyawannya yang membutuhkan pinjaman untuk berbagai keperluan. Dengan koperasi Alfamart diharapkan karyawannya bisa mendapatkan kesejahteraannya dalam hal keuangan. Namun, pastikan tidak meminjam untuk suatu hal yang sifatnya terburu-buru.