Contoh Artikel Bertemakan Pendidikan

Artikel adalah karya tulis yang dibuat oleh seseorang untuk memberikan informasi tertentu kepada para pembaca. Dalam hal ini, artikel pendidikan berarti karya tulis yang dibuat oleh seseorang untuk memberikan informasi terkait dengan pendidikan.

Jika saat ini anda tengah mencari contoh artikel bertemakan pendidikan, maka anda datang di tempat yang tepat sebab disini kami akan membahas seputar artikel bertemakan pendidikan.

Jika anda tertarik untuk membuat artikel bertemakan pendidikan, sebaiknya anda tentukan terlebih dahulu topik yang hendak dibahas. Tema pendidikan sangatlah luas bisa dilihat dari berbagai aspek baik itu dari sisi manajemen, regulasi, instansi, kurikulum, evaluasi dan penilaian, rancangan pembelajaran dan lain sebagainya.

Sebagai referensi berikut contoh artikel bertemakan pendidikan:

 

Pemberantasan Buta Huruf

Seratus tahun lalu buta aksara merebak dan nyaris seluruh penduduk tak mampu membaca, mereka buta huruf. Hal ini disebabkan akses ke sekolah yang sulit untuk didapatkan. Membaca adalah kemampuan masyarakat kelas atas yang tak bisa dilakukan oleh masyarakat pada umumnya.

Dibalik itu, tak ada urgensi bagi sebagian masyarakat untuk membaca. Entah seorang petani bisa membaca atau tidak, hal itu tak akan menambah produktivitas perkebunan dan peternakannya sebab akses buku juga tak bisa mereka dapatkan. Hidup tanpa membaca adalah hal yang biasa dan tak menghambat sedikitpun kala itu.

Hal ini jelas berbeda dengan jaman sekarang, rasanya sulit membayangkan bagaimana bisa seseorang bisa hidup tanpa membaca sebab membaca adalah keterampilan untuk dapat bertahan hidup zaman itu.

Namun pemerintah Hindia Belanda tak diam saja, mereka juga mendirikan sekolah-sekolah yang mengajarkan masyarakat agar masyarakat dapat membaca dan ikut serta membangun Hindia Belanda. Semangat pemuda untuk mengajarkan masyarakat membaca agar terbebas dari buta huruf juga semakin semarak.

Sutan Syahrir yang sering disebut bung kecil oleh teman-temannya mendirikan taman baca saat ia masih duduk di bangku SMA. Demikian juga tokoh-tokoh lain yang turut memberantas buta huruf di Indonesia. Manfaatnya masih kita rasakan hingga saat ini.