Daftar Gaji Dokter Umum Perbulan Terbaru 2022

Dari dulu profesi ini selalu dianggap orang memiliki masa depan yang baik. Jadi tidak salah jika banyak anak-anak bercita-cita ingin menjadi tenaga medis ini. Gaji dokter umum pun juga bisa dibilang sangat besar daripada seorang perawat rumah sakit.

 

Mengenal Lebih Dekat dengan Dokter Umum

Dokter umum merupakan salah satu tenaga medis yang berfokus untuk menangani penyakit dan gejala pada suatu pasien. Profesi ini juga dikenal masyarakat luas dengan sebutan layanan tingkat pertama. Di mana memiliki peran untuk diagnosis, pencegahan dan penanganan awal.

Pada dasarnya perbedaan antara dokter umum dan spesialis itu. Terletak pada layanan kesehatan yang bersifat menyeluruh terhadap pasien. Profesi ini juga berperan penting dalam memberikan perawatan medis dari awal dan berkelanjutan terhadap segala kelompok usia.

Biasanya dokter umum akan bekerja di  seperti rumah sakit, Puskesmas dan klinik. Bahkan tenaga medis ini juga melakukan layanan kunjungan ke rumah pasien. Sedangkan kompetensi yang wajib dimiliki meliputi meresepkan obat-obat berdasarkan penyakit, memberikan vaksinasi.

Berapa Gaji Dokter Umum Itu?

Penyakit yang bisa ditangani oleh dokter umum seperti demam, batuk, nyeri otot, gangguan tidur dll. Tenaga medis ini juga dituntut untuk bisa melakukan manajemen sumber daya dan fasilitas tempat bekerja. Profesi ini terkadang dilibatkan dalam berbagai disiplin ilmu medis.

Untuk gaji dokter umum sendiri. Sebenarnya telah direkomendasikan oleh IDI yaitu  besarnya minimal 12, 5 juta perbulan. Namun sayangnya masih banyak tenaga medis ini yang mendapatkan penghasilan perbulan kurang dari jumlah tadi.

Keterangan

Gaji perbulan

Dokter umum di rumah sakit

Rp 2.900.000-Rp 3.400.000

Dokter umum di daerah terpencil

Rp 3.252.606

Dokter umum di daerah sangat terpencil

Rp 2.220.000

Dokter umum berstatus PNS

Rp 5.947.234

Dokter umum di tempat biasa

Rp 3.594.889

Gaji pokok seorang dokter umum juga akan memperoleh berbagai macam tunjangan. Dimana untuk jumlahnya setiap daerah berbeda-beda. Hal itu telah diatur berdasarkan keputusan menteri Kesehatan republik Indonesia nomor HK. 02. 02/MENKES/412/2015.

Wajar jika gaji dokter umum itu fantastic, hal itu dikarenakan untuk mendapatkan profesi tersebut diperlukan pengorbanan yang besar. Tidak hanya itu saja pekerjaannya juga memiliki resiko tinggi, sebab jika sampai salah bisa berakibat fatal terhadap pasien.

Sumber: gajiperbulan.com