ambeien dalam dan luar

Ini Dia Beda Ambeien Dalam dan Luar

Ambeien adalah keluhan yang sebenarnya terbilang lazim terjadi, terutama pada mereka yang memasuki usia 45 tahun ke atas. Ditandai dengan munculnya benjolan di ujung anus yang terasa gatal dan perih. Tetapi tahukah Anda Ambeien tidak selalu ditandai dengan gejala demikian karena tidak semua ambeien muncul di permukaan anus. Ada beda antara Ambeien dalam dan luar dan pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengulasnya untuk Anda.

Ambeien Dalam dan Luar

Ambeien pada dasarnya adalah terbentuknya benjolan pada dinding anus. Benjolan ini berasal dari pembengkakan pembuluh darah. Biasanya proses pembentukan benjolan ini terjadi dalam proses panjang.

Pada umumnya ambeien terjadi akibat dari kebiasaan mengejan karena sembelit yang berketerusan. Sehingga tekanan pada pembuluh darah di sekitar liang anus menyebabkan pembengkakan. Tetapi ambeien juga bisa dikaitkan dengan kehamilan serta kondisi genetik dimana jaringan ikat di area anus cenderung lemah.

Pembengkakan ini bisa terjadi di area dekat dengan sisi luar lubang anus. Sehingga benjolan akan muncul keluar di permukaan lubang anus. Namun benjolan juga bisa terbentuk di dalam liang anus. Sehingga acapkali tidak disadari keberadaannya oleh pengidapnya sampai ukuran cukup besar dan menimbulkan rasa nyeri yang kuat. Inilah dua jenis ambeien, ambeien dalam dan luar.

Seperti apa sebenarnya beda antara ambeien dalam dan luar? Apakah resiko dari masing masing ambeien dalam dan luar ini?

ambeien dalam dan luar

Ambeien luar

Temuan akan jenis ambeien atau wasir luar ini memang lebih banyak dibandingkan dengan kasus ambeien dalam. Sebenarnya ini terjadi karena ambeien luar lebih mudah untuk disadari keberadaannya, karena benjolan yang teraba dan muncul di permukaan lubang anus.

Anda bisa mengenalinya dengan mudah ketika Anda menemukan benjolan kecil tepat pada lubang anus. Pada saat tidak ada tekanan, benjolan akan berukuran kecil dan tidak keras. Tetapi saat Anda terlalu banyak duduk, terlalu banyak mengejan atau mengangkat berat, kadang benjolan ini semakin menonjol, mengeras dan bahkan tidak menutup kemungkinan mengeluarkan darah.

Posisinya yang berada di luar juga membuatnya rentan mengalami cedera bahkan pecah. Mudah pula mengalami peradangan sehingga sebaiknya Anda selalu memastikan kebersihan area anus. Pastikan juga untuk mengenakan celana dalam yang nyaman untuk mencegah gesekan dengan area benjolan.

Ambeien dalam

Perbedaan utama dari Ambeien dalam dan luar adalah lokasi terbentuknya benjolan. Pada Ambeien dalam benjolan tidak tampak dari luar, tetapi terbentuk pada dinding dalam liang anus. Bahkan bila ukurannya relatif kecil Anda akan sulit untuk merabanya sekalipun Anda mencoba memasukan jari Anda ke dalam lubang anus.

Justru karena itu, kadang Anda tidak menyadari bahwa telah terbentuk Ambeien di dalam anus Anda. Sampai rasa nyerinya semakin kuat dan ukuran Ambeien menjadi cukup besar dan memberi efek tekanan yang mengganggu.

Hanya saja sebenarnya, Anda tetap merasakan tekanan saat Anda melakukan BAB. Kadang juga muncul rasa gatal dan perih terutama setelah Anda mengalami BAB yang keras. Kadang juga juga muncul darah pada BAB atau menetes keluar dalam warna merah darah segar.

Untuk catatan darah karena wasir pada umumnya terlihat merah segar dan tidak kecoklatan atau merah tua. Ini karena luka terjadi baru saja terjadi dan tidak mungkin terjadi endapan darah di dalam anus atau usus besar. Darah kecoklatan atau merah tua bisa jadi malah merupakan tanda dari kanker usus besar.

Bila Anda memiliki Ambeien dalam dan luar, yang manapun di antara keduanya, selalu pastikan untuk mengonsumsi lebih banyak serat supaya tidak sering terjadi sembelit. Hindari duduk terlalu lama karena ini juga bisa memberi efek tekanan pada anus. Selalu jaga kebersihan untuk mencegah peradangan. Masih membutuhkan tips lain seputar penyakit dan penanganan Ambeien?