Kamu Pecinta Makanan Manis? Wajib Tahu 7 Dessert Paling Terkenal!

Dalam dunia table manner kita mengenal 3 cara atau jenis menyantap makanan yang cukup terkenal di barat. Makanan pembuka biasa disebut dengan appetizer, makanan utama adalah main course, dan yang terakhir makanan penutup atau biasa disebut dengan dessert.

Biasanya saat selesai makanan utamanya, banyak orang yang menutupnya dengan hidangan penutup yang nikmat dan lezat. Makanan penutup atau yang biasa disebut dengan ‘Dessert’ ini berupa makanan manis-manisan seperti puding, kue, permen, atau pun bisa juga berbagai macam es.

Kebanyakan orang Indonesia tidak begitu mengenal yang namanya dessert atau hidangan penutup, karena banyak orang Indonesia yang hanya menikmati makanan utama dan minuman saja. Tapi jika kalian tidak tahu apa sajakah makanan penutup itu, berikut simaklah beberapa penjelasan mengenai hidangan penutup yang populer.

1. Puding

Makanan penutup yang pertama adalah Puding. Makanan penutup yang satu ini sangat terkenal dan diminati di daerah barat. Namun, kini hidangan penutup ini malahan banyak disajikan di berbagai restoran lokal hingga internasional.

Hidangan ini cukup mudah untuk dibuat dan bahkan bahannya pun mudah diperoleh karena hidangan ini biasanya terbuat dari tepung maizena. Tekstur kenyal sebagai hidangan pencuci mulut ini memang sangat cocok untuk menjadi makanan penutup.

2. Es krim

Hidangan penutup yang berikutnya adalah es krim. Siapa sih yang tidak tahu dengan es krim? Bahkan anak kecil pun tahu dengan hidangan yang satu ini. Karena rasanya yang manis dan segar, membuat hidangan penutup yang satu ini banyak digemari, bahkan kalangan anak-anak pun menyukainya.

Es krim adalah sebuah hidangan beku yang terbuat dari krim dan ditambahkan dengan beberapa kombinasi rasa manis di dalamnya. Es krim ini sering digunakan sebagai “dessert” karena hidangan yang satu ini lebih dianggap sebagai hidangan ringan.

3. Pie

Hidangan penutup yang berikutnya adalah Pie. Pie atau yang sering disebut kue pai ini adalah kue yang dibuat dari pastry dan dikombinasikan dengan beberapa macam isian di dalamnya. Pie ini biasanya digemari oleh orang daerah barat.

Hidangan penutup yang satu ini dapat disajikan dalam bentuk hidangan isian yang tertutup ataupun terbuka, kecil, besar, gurih, dan manis. Kue pie pertama dibuat dalam sajian yang cukup sederhana sekalipun memiliki rasa yang gurih, rasa gurih tersebut terdapat pada bahan keju dan daging.

4. Dadar gulung

Siapa sih yang tidak tahu dengan makanan lokal yang satu ini? Hidangan yang satu ini berasal dari Indonesia. Dadar gulung ini dibuat dari bahan seperti dadar pandan yang digulung dan diisi dengan gula kelapa.

Jika dilihat sekilas, hidangan penutup yang satu ini terlihat seperti pancake. Hidangan penutup yang satu ini begitu dikenal dan banyak yang menggemari hidangan yang satu ini karena rasanya yang nikmat dan lezat.

5. Anmitsu

Hidangan penutup yang berikutnya adalah Anmitsu. Mungkin dilihat dari namanya saja kalian merasa asing dengan hidangan yang satu ini. Namun, hidangan yang satu ini juga sering disajikan di restoran internasional. Hidangan yang satu ini berasal dari Jepang dan cocok dinikmati saat cuaca panas.

Karena hidangan penutup ini seperti es krim, namun, yang membedakan adalah bahan bahannya yang dimana bahan pembuatannya seperti agar-agar, es krim, kacang azuki, kacang polong, sirup kitsu, dan sirup black sugar yang dikombinasikan semuanya sekaligus.

6. Biskuit

Hidangan penutup yang berikutnya adalah Biskuit. Jika kalian merasa sulit untuk memilih hidangan penutupnya, kalian dapat memilih hidangan penutup yang satu ini. Hidangan yang begitu simpel dan tidak terlalu mencolok. Hidangan ini biasanya dinikmati oleh kebanyakan orang barat.

7. Crepes

Hidangan penutup yang terakhir adalah Crepes. Crepes merupakan panekuk tipis yang dibuat dari bahan dasar gandum dan cukup digemari banyak orang. Hidangan ini juga terdapat dua rasa yaitu manis dan asin. Untuk rasa manisnya menggunakan bahan dasar tepung gandum, dan rasa asinnya terbuat dari tepung buckwheat atau gandum kuda.