kenali gejala kanker payudara

Lakukan 5 Cara Sederhana Ini untuk Mengetahui Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara memang masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Banyak dari wanita di seluruh dunia kehilangan kesempatan hidup dan kasus kematian yang disebabkan oleh kanker payudara pun sangat tinggi. Kanker payudara juga dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal latar belakang, usia, maupun gender karena faktanya bukan hanya wanita saja yang mengalami kanker payudara ini namun pria pun bisa mengalaminya.

Persoalan kanker payudara ini memang mengkhawatirkan tetapi semua itu dapat diatasi ketika kita mengetahui gejala kanker payudara dan cara mengobatinya. Kamu bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang ahli atau mungkin kamu bisa mencoba melakukan cara sederhana berikut ini untuk mengetahui gejala kanker payudara.

 

Cara Sederhana Mengetahui Gejala Kanker Payudara

1. Lihat payudara di cermin

Siapkan cermin, lalu lakukan dengan melihat payudara dengan posisi bahu lurus dan tangan di pinggul. Gejala kanker payudara dapat diketahui dengan melakukan hal tersebut . Lakukan dengan berdiri di depan cermin, lalu perhatikan dan periksa apakah ada kelainan seperti bentuk payudara yang berubah, memar merah, atau benjolan.

 

2. Angkat tanganmu dengan posisi tegak lurus ke atas

Lakukan posisi tegak lurus ke atas selama 1 sampai 2 menit sambil memeriksa dan memperhatikan payudara untuk mengetahui ada tidaknya benjolan sebagai gejala kanker payudara. Apabila kamu merasakan nyeri atau sakit selama mengangkat tangan, ada baiknya kamu harus melakukan pemeriksaan dini ke dokter.

 

3. Memeriksa bagian bawah ketiak

Untuk mengetahui gejala kanker payudara ini bisa dilakukan dengan memeriksa bagian bawah ketiak. Biasanya timbul rasa sakit di bagian bawah ketiak ini menjadi suatu gejala kanker payudara yang tidak boleh disepelekan. Maka dari itu sangat penting bagi kita agar selalu mengecek bagian bawah ketiak ini agar kanker payudara dapat terdeteksi.

kenali gejala kanker payudara

4. Lakukan posisi membungkuk dengan membiarkan payudara menjulur ke bawah

Dengan melakukan posisi membungkuk dengan payudara menjulur ke bawah ini dapat membantumu untuk mengetahui gejala kanker payudara. Lakukan posisi tersebut dengan memperhatikan dan memeriksa ada tidaknya ruam atau benjolan serta rasa sakit yang muncul di bagian-bagian tubuh tertentu.

 

5. Memeriksa kondisi puting

Untuk mengetahui gejala kanker payudara dapat dilakukan dengan memeriksa kondisi kesehatan dari puting. Ciri-ciri kanker payudara dapat dilihat dari kondisi puting ini, seperti munculnya ruam di sekitar puting, puting agak mengeras dan bentuknya seperti mengkerut ke dalam dan parahnya lagi mulai mengeluarkan darah atau nanah. Untuk itu sangat penting untuk memeriksa kondisi puting ini agar kanker payudara dapat segera diatasi.

Demikian ulasan mengenai cara sederhana untuk mengetahui gejala kanker payudara, semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

Sumber: https://www.deherba.com/artikel-kanker/kanker-payudara