Manga, Manhwa, Manhua? Ini Dia Perbedaan Jenis Komik Dari Ketiga Negara!

Jika berbicara tentang manga memanglah tidak ada habis-habisnya. Berbagai macam cerita yang menarik di dalamnya ditambah dengan genre-genre yang menjadi icon dari cerita manga tersebut. Dengan berbagai banyak manga yang keluar membuat para fans pun makin menyukai bahkan banyak juga yang mengoleksinya.

Manga berasal dari Jepang, namun akhir-akhir ini manga terdapat juga di Korea dan China, ditambah manganya pun tak kalah terkenalnya dengan manga Jepang. Manga China dinamakan manhua, sedangkan manga Korea dinamakan Manhua. 

1. Manga

Manga merupakan sebutan komik yang berasal dari Jepang. Pastinya kalian semua kenal dengan "manga" bukan? Seperti contohnya Naruto, One Piece, Dragon Ball, dan masih banyak lagi.

Manga begitu terkenal hingga ke seluruh dunia, bahkan banyak juga manga yang diangkat menjadi anime. Disamping itu, pastinya jika tidak ada seorang yang membuat manga, manga tidak akan pernah ada bukan? Ya, julukan buat orang pembuat manga tersebut adalah mangaka.

Biasanya manga digambar dalam bentuk hitam-putih. Ditambah jika manga tersebut disukai banyak orang, biasanya manga tersebut diangkat menjadi anime.

2. Manhwa

Manhwa merupakan sebuah komik yang berasal dari Korea Selatan. Pastinya kalian yang pecinta komik, tahu tentang manhwa. Manhwa sendiri lebih sering terdapat di beberapa platform asal Korea. 

Jika sebelumnya manga lebih sering menggunakan warna hitam-putih, maka berbeda dengan manhwa yang menghadirkan gambar lebih berwarna. Style gambar dari manhwa sendiri terkesan lebih realistis. Ada juga beberapa manhwa yang diangkat menjadi anime.

3. Manhua

Manhua merupakan sebutan komik yang berasal dari China, Taiwan, Hongkong. Manhua sendiri dibuat di abad pertengahan 19 dan memperkenalkan dalam proses pencetakan litografi.  Bahasanya pun menggunakan bahasa Mandarin. Ceritanya sendiri terkesan lebih banyak yang merujuk ke budaya China. 

Berikut perbedaan dari manga, manhwa, dan manhua:

4. Perbedaan gambar Manga, Manhwa, dan Manhua

Pada Manga, mereka hampir semua komiknya tidak menggunakan warna, yang artinya hanya digambar dalam warna hitam-putih saja. Mereka hanya mementingkan originalitas dan alur ceritanya yang selalu menarik bagi pembaca.

Pada Manhua, mereka mementingkan kualitas gambar dengan grafik desain yang begitu luar biasa, dan dipadukan dengan warna yang cerah, sehingga pembaca pun tertarik.

Sedangkan Manhwa, dari segi gambarnya hampir mirip dengan manhua. Namun yang membedakannya adalah warna yang agak gelap dibandingkan dengan manhua.

5. Perbedaan Alur cerita komik Manga, Manhua dan Manhwa

Alur yang digunakan pada Manga Jepang terbilang khas, karena seakan-akan si pembacanya merasakan apa yang terjadi di dalam cerita manga tersebut, yang penuh emosional, dan dramanya yang melekat. 

Hal tersebut yang membuat manga Jepang menjadi terkenal hingga ke seluruh dunia, dan bahkan membuat si pembacanya pun selalu tertarik akan kisah selanjutnya. Ditambah, juga ada beberapa manga yang mencapai 1000 Chapter.

Pada alur cerita Manhua dan Manhwa tidak jauh berbeda dengan alur dari manga Jepang yang biasanya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari, romance, fantasy, aksi, dan sebagainya. Namun, untuk alur manhua dan manhwa terkesan sangat cepat, sehingga para pembacanya pun tidak begitu begitu banyak dalam memahami ceritanya.

Meskipun begitu, cerita yang disajikan tak berbeda jauh dengan manga, tapi untuk konsumen dari manhua dan manhwa masih belum bisa menyaingi manga. Perbedaan yang lainnya adalah manhua dan manhwa banyak komik yang cepat tamat, ditambah jarang sekali komik yang melanjutkan ceritanya. 

Sangat berbeda dengan manga, banyak komik yang begitu lama tamatnya dan jika komik tersebut tamat, mereka akan membuat cerita Lanjutannya yang berupa "season".

Sekian pembahasan mengenai perbedaan jenis manga dari ketiga negara yang sangat populer di dunia. Masih ingin lebih banyak mengetahui seputar dunia anime-manga? Kunjungi website Animagz di sini.