Minyak Atsiri untuk Aroma Terapi dan Pengobatan

Minyak atsiri atau biasa disebut dengan minyak aromaterapi adalah minyak yang diekstrak dari tumbuh tumbuhan alam. Minyak ini mempunyai ciri wangi menyegarkan.

Minyak ini hanya boleh dihirup atau digunakan untuk kesehatan, namun bukan untuk diminum. 

Untuk membuat minyak ini melalui proses panjang yang harus dilalui atau anda dapat menggunakan Mesin penyulingan minyak atsiri agar lebih efisien. 

 

Penghasil Minyak Atsiri

Banyak tumbuhan penghasil minyak atsiri. Tumbuhan ini juga banyak yang sering kita temui. Berikut ini beberapa tumbuhan yang bisa menghasilkan minyak atsiri

1. Nilam

Nilam yang pouler saat ini adalah nilam aceh, nilam jawa, dan nilam sabun. Minyak nilam ini kebanyakan digunakan untuk bahan pewangi agar lebih menyegarkan dan lebih tahan lama

2. Akar Manis

Akar wangi merupakan akar yang berbau wangi dan memiliki bau yang khas. Akar wangi ini banyak digunakan untuk bahan baku parfum, kosmetik, dan sabun agar lebih wangi.

3. Serai

Minyak ini biasanya dipergunakan untuk menghilangkan bau pada semprotan desinfektan, pestisida nabati, bahan pemoles, dan meningkatkan oktan bahan bakar.

4. Cengkeh

Tanaman cengkeh sangatlah unik, karena seluruh bagian dari pohon ini mengandung minyak. Kandungan minyak tertinggi berada pada bunga. 

Minyak cengkeh banyak diolah dan dijual menjadi produk seperti eugenol yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi dan bahan pembuatan parfum. 

5. Pala

Tanaman ini dapat menghasilkan minyak atsiri sebanyak 7 – 16 % dan lebih banyak terkandung didalam buah pala muda.

6. Kenanga

Pada pohon kenanga, bunga adalah bagian yang banyak menghasilkan minyak atsiri. Apalagi pada bagian bunga yang sudah berwarna kuning tua. Minyak ini biasanya digunakan untuk pengharum.

7. Kayu Cendana

Kayu cendana yang banyak digunakan untuk membuat minyak atsiri. Bagian pohon ini yang biasanya dipakai adalah jantung pohon. Namun untuk mendapatkan jantung pohon cendana membutuhkan waktu yang lama. Minyak ini biasanya digunakan untuk minyak wangi dan pengikat parfum. 

 

Manfaat Minyak Atsiri

Minyak atsiri mempunyai banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita menggunakannya dengan benar. Dibawah ini adalah manfaat dari minyak atsiri.

1. Mengatasi Stress dan Gangguan Kecemasan

Penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan minyak atsiri disaat stress melanda, dapat meredakan stress. Hal ini terjadi karena dengan menggunakan minyak atsiri, akan otak akan lebih mudah merefresh pikiran karena baunya yang menyegarkan. 

Maka dari itu, banyak orang yang menggunakan minyak atsiri untuk pengobatan stress dan kecemasan yang mengganggu aktivitas. 

2. Mengobati Sakit Kepala dan Migrain

Sudah tidak diragukan lagi bahwa minyak atsiri mempunyai banyak manfaat. Minyak atsiri dapat meredakan sakit kepala dan migrain yang mengganggu jika kita bekerja. Jenis minyak atsiri yang bisa meredakan sakit kepala yakni varian lavender dan peppermint. 

Mengoleskannya pada pelipis dapat meredakan sakit kepala dan migrain. Aromanya yang menenangkan dan hangat, akan membuat kepala merefresh otak dan saluran pembuluh darah sehingga sakit kepala dan migrain pun akan reda. 

3. Mengatasi Gangguan Tidur

Kualitas tidur perempuan prapersalinan biasanya terganggu karena masih merasakan nyeri. Hal ini akan mengganggu tidur perempuan yang tiba tiba terbangun dan susah tidur. Susah tidur ini bisa diakali dengan menggunakan minyak atsiri yang dihirup sebelum tidur. Otak akan lebih fresh dan mudah tidur.

Selain mengatasi susah tidur, bisa juga digunakan untuk orang yang terkena serangan jantung untuk menenangkan otak agar lebih fresh.

4. Mengurangi Peradangan

Minyak ini ternyata dapat meredakan peradangan. Selain karena bahan yang alami, kandungan thyme dan oregano, efektif mengatasi peradangan kecil.