tempurung kelapa

Mulai Manfaatkanlah Fungsi Tempurung Kelapa

Fungsi tempurung kelapa bisa dibilang banyak, karena tempurung kelapa tidak hanya bisa dibuat untuk briket saja. Melainkan tempurung kelapa juga bisa dibuat untuk berbagai macam hiasan ataupun pernak pernik kecil yang ada.

Biasanya olahan tempurung kelapa tadi digunakan untuk souvenir pada acara pernikahan. Fungsi tempurung kelapa selain itu juga banyak. Mengingat bahwa kelapa ini merupakan pohon kehidupan yang tentu saja seluruh bagiannya bisa bermanfaat untuk  kehidupan kita.

Jika kamu memiliki beberapa tempurung kelapa yang tidak dipakai karena kamu tidak tau akan dibuat apa, kamu bisa membaca artikel kali ini. Karena disini kita akan membahas mengenai fungsi tempurung kelapa yang bisa kamu manfaatkan. Siapa tau salah satunya bisa kamu ikuti penggunaannya. Silahkan disimak ya!

 

Tempurung Kelapa

tempurung kelapa

Tanpa dijelaskan semua orang juga pasti tau mengenai penjelasan dari tempurung kelapa ini. Karena sesuai dengan namanya tempurung kelapa ini merupakan bagian dari kelapa yang jarang diolah kembali. Tempurung kelapa ini bisa juga disebut sebagai limbah padat dari buah kelapa yang sudah diolah.

Untuk mendapatkan tempurung kelapa yang memiliki bentuk sempurna kamu bisa mengupas kelapa dengan mesin pengupas batok kelapa supaya bisa terkupas secara sempurna. Jadi kamu tidak usah susah susah mengupasnya.

 

Fungsi Tempurung Kelapa yang Bisa Dimanfaatkan

fungsi tempurung kelapa yang bisa dimanfaatkan

Bagian tempurung kelapa sebenarnya tidak memiliki kandungan apapun, namun dengan fungsinya yang ada. Tempurung kelapa bisa dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya. Berikut ini merupakan fungsi tempurung kelapa.

1. Dijadikan Bahan Pengawet Makanan

Fungsi yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan mengolah tempurung kelapa menjadi cairan tempurung. Yang mana dalam pengolahannya kamu bisa melewati proses pengasapan dan proses lainnya yang memang akan membuat tempurung kelapa bisa menjadi bahan pengawet yang aman konsumsi.

2. Obat untuk Penderita Diabetes

Walaupun dikenal tidak memiliki kandungan nutrisi, namun tempurung kelapa juga bisa dijadikan obat untuk diabetes. Dengan pengolahan yang dilakukan yaitu merebus tempurung kelapa yang akan digunakan. Untuk konsumsinya kamu bisa meminum air rebusan, setidaknya sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Mencegah Racun

Jika kamu mengalami keracunan makanan, kamu bisa meredakannya dengan mengkonsumsi arang yang telah dihasilkan dari pembakaran tempurung kelapa. Untuk konsumsinya, kamu harus benar benar memastikan arang yang kamu beli memang aman untuk dikonsumsi.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Sama halnya seperti poin ke 3, kamu bisa menggunakan tempurung kelapa dalam jenis arang untuk bisa merasakan fungsi yang satu ini. Kamu bisa menggunakannya secara rutin sebagai alternatif dari produk perawatan kulitmu. Arang tempurung kelapa ini dikenal bisa mengangkat sel kulit mati, serta membantu mencerahkan kulitmu.

5. Menjadi Bahan Baku Pupuk Organik

Fungsi yang satu ini akan bisa memberikan manfaat bagi tumbuhan. Kamu bisa mengolah tempurung kelapa sampai terbentuk tepung tempurung kelapa yang dalam proses pengolahannya melewati berbagai tahapan. Dengan tahapan tahapan itulah tepung tempurung kelapa akan bisa memberikan nutrisi pada tanaman layaknya pupuk organik pada umumnya.

 

Dalam pengolahan fungsi tempurung kelapa ini, kamu diharapkan untuk tidak lupa mengupas buah kelapa dari tempurungnya. Supaya nantinya daging kelapa yang ada tetap bisa kamu konsumsi dengan segar. Dan untuk mengupasnya kamu bisa menggunakan mesin pengupas kelapa.

Sebelum kamu mulai mengolah tempurung kelapa sesuai dengan fungsinya, setidaknya kamu harus bisa tau tips yang harus kamu perhatikan dan gunakan saat kamu akan memilih tempurung kelapa. Berikut ini tipsnya.

  1. Dalam segala jenis olahan, kamu perlu memilih bahan yang bersih. Jadi kamu harus memilih tempurung kelapa yang bersih sebelum diolah.
  2. Perhatikan penampilan tempurung kelapa, jika yang kamu pilih terdapat lubang atau telah kotor, berarti tempurung kelapa itu tidak sehat.
  3. Jika kamu akan membuat kerajinan usahakan tempurung kelapa yang kamu pilih bisa kuat untuk diolah menjadi kerajinan.
  4. Pilihlah tempurung kelapa yang tebal dan kuat.
  5. Usahakan pula kamu memilih tempurung kelapa yang awet.

 

Penutup

Pada dasarnya tempurung kelapa adalah bahan alami yang juga termasuk dalam bagian kelapa. Jadi untuk mendapatkan hasil dengan kualitas yang bagus, kamu harus bisa mengolahnya sesuai dengan panduan yang telah ditentukan. Manfaatkanlah fungsi tempurung kelapa yang telah kamu ketahui dengan baik, supaya tempurung kelapa tidak terbuang sia sia. Semoga bermanfaat ya!