Pengertian Manajemen Risiko & Tujuannya

Manajemen adalah suatu bentuk pengelolaan atau suatu cara untuk mengelola sesuatu sehingga dapat terencana dan terkonsep dengan baik.

Sedangkan risiko sendiri adalah segala sesuatu yang tidak pasti dan dalam risiko itu terdapat akibat yang mungkin dapat terjadi sewaktu – waktu.

Nah jika sudah melihat penjelasan mengenai pengertian manajemen dan risiko, apakah sudah terbesit bayangan apa itu manajemen risiko??

Langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Manajemen Risiko

Manajemen risiko adalah suatu proses dalam menganalisis, mengidentifikasi, mengendalikan, menghindari, meminimalisir dan atau menghilangkan atau menghapus risiko yang tidak dapat diterima dengan baik.

Jika dilihat dari dalam perusahaan, manajemen risiko adalah suatu bentuk proses perencanaan, pemimpin, pengaturan, serta adanya pengontrolan suatu aktivitas organisasi untuk dapat meminimalisir terjadinya risiko pendapatan suatu perusahaan.

Adapun Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang ikut serta dalam mengemukakan pendapatnya mengenai manajemen risiko, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Soeisno Djojosoedarso

Manajemen risiko adalah proses pelaksanaan dari fungsi-fungsi manajemen untuk menanggulangi risiko, baik itu risiko yang dihadapi oleh suatu organisasi, masyarakat maupun keluarga.

Agar meminimalisir terjadinya risiko maka kegiatan yang dilakukan mencakup perencanaan, organisasi, menyusun, mengkoordinasi serta adanya pengawasan.

2. Bramantyo Djohanputro

Manajemen risiko adalah suatu proses identifikasi, menggambarkan, mengukur, mengembangkan adanya alternatif untuk penanganan risiko, mengendalikan dan meninjau risiko, yang dilakukan secara sistematis.

3.  COSO

Manajemen risiko adalah suatu cara dan proses yang dilakukan oleh salah satu dewan direksi, manajemen, dan staf lainnya yang diaplikasikan pada strategi serta seluruh perusahaan yang dilakukan untuk mengidentifikasi kejadian potensial yang mampu mempengaruhi entitas, serta mengelola risiko, agar dapat memberikan keyakinan yang cukup, tentang pencapaian serta tujuan substansi.

Tujuan Manajemen Risiko

Adapun tujuan lain dari manajemen risiko adalah sebagai berikut:

Sumber Lengkap: https://www.pendidik.co.id/

1. Untuk melindungi suatu perusahaan

2. Untuk mendorong suatu manajemen agar dapat menjadi proaktif

3. Untuk membantu dalam pembuatan kerangka kerja.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Manajemen Risiko & Tujuannya. Semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂