septic tank

Rekomendasi Jenis Septic Tank Tanpa Lubang Udara Sesuai Kebutuhan

Wilayah yang semakin sempit memang menjadi kesulitan tersendiri ketika ingin membangun rumah, terlebih lagi untuk meletakkan septic tank. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan septic tank tanpa lubang udara yang lebih menghemat ruang. Kini juga banyak kemunculan teknologi yang dapat membantu untuk menghemat ruang dan lebih ramah pada lingkungan.

Setiap septic tank berasal dari bahan tertentu dan memiliki cara penanganan tertentu agar dapat bertahan lama serta terhindar dari kemungkinan ledakan. Hal ini karena isi septic tank adalah berupa sisa kotoran manusia yang ditumpuk dan menimbulkan gas reduksi. Oleh karena itu, ada beberapa jenis septic tank tanpa lubang udara lebih cocok digunakan pada daerah padat.

 

Jenis Septic Tank

septic tank

Khusus bagi pembaca yang ingin memasang septic tank namun tidak memiliki lahan untuk lubang udara, maka penjelasan berikut mungkin akan membantu. Teknologi septic tank yang muncul khususnya lebih ramah lingkungan akan membantu penggunanya. Tidak perlu berlama lagi dan langsung simak saja septic tank yang direkomendasikan tanpa lubang udara sebagai berikut:

1. Bio Septic Tank Seri BSR

Inovasi teknologi pada septic tank yang pertama adalah seri BSR BIORICH yang hadir fokus untuk konsumen rumahan. Kapasitas yang disediakan mulai dari 2 hingga 17 orang. Desainnya yang unik dan berbentuk satu tabung cocok untuk daerah padat penduduk.

2. BIORICH BRX Series

Rekomendasi selanjutnya adalah seri BRX yang sangat cocok digunakan untuk apartemen, hotel, pusat perbelanjaan, atau sebagainya yang membutuhkan penampungan besar. Biasanya seri ini juga lebih cocok digunakan pada gedung besar atau bertingkat. Tertarik untuk menggunakannya? Pembaca dapat memesannya pada https://www.suryafibertek.co.id/septic-tank-biotech/ dan mengetahui produk lebih lanjut.

3. Series BR Septic Tank BIORICH

Berbeda dengan dua seri BIORICH lainnya, kali ini seri BR fokus untuk rumahan serta memiliki material yang lebih eksklusif dan modern. Sayangnya pengguna hanya dapat memilih kapasitas 2 hingga 15 orang saja. Terbuat dari fiberglass yang berkualitas dengan permukaan luar kasar seperti kulit jeruk akan mengurangi perawatannya.

Cara Perawatan dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah mengetahui beberapa septic tank tanpa lubang udara yang dapat dicari dan digunakan dengan mudah serta perawatannya yang mudah. Selanjutnya adalah mengetahui cara perawatan dan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mungkin saja hal di bawah ini terlihat sepele, tetapi perlu juga diketahui untuk mencegah adanya kerugian yang mungkin muncul sebagai berikut:

  • Kelola Sisa Reduksi

Beberapa jenis septic tank akan memerlukan beberapa waktu sekali untuk mengurasnya ada melakukan penyedotan agar tempat kembali luang seperti semula. Pada septic tank yang telah disarankan sebelumnya, tidak memerlukan penyedotan bahkan lubang udara. Sisa reduksi juga tidak boleh terkena atau dibakar dengan api, karena dapat menyebabkan ledakan besar.

  • Perhatikan Barang yang Dibuang

Terakhir adalah jenis barang atau cairan yang dibuang dan ditampung di septic tank akan mempengaruhi usia ketahanan dan lancar atau tidaknya saluran. Misalnya, produk seperti pembalut atau kertas tissue akan menyebabkan saluran tersumbat. Selain itu, pembalut dan tissue tidak akan dapat diurai oleh bakteri yang ada pada septic tank sehingga dapat membuatnya penuh. Jadi, jangan sampai barang-barang seperti ini masuk ke dalam kloset, agar tidak cepat penuh.

Setelah mengetahui jenis septic tank tanpa lubang udara, maka kini waktunya pembaca untuk menyesuaikan keinginan dengan material yang dimilikinya. Beberapa hal perlu diperhatikan untuk menghindari kejadian yang dapat mengundang atau mendorong kerugian. Jangan lupa untuk memperhatikan cara merawatnya agar septic tank dapat bertahan lama serta reduksi gas dapat terurai dengan baik.