Rekomendasi Universitas di Semarang yang Bisa Dipertimbangkan

Sudah lulus SMA tapi masih bingung ingin memilih universitas yang bagus? Cobalah untuk mencarinya di Kota Semarang. Universitas sendiri adalah tempat pendidikan lanjutan setelah SMA atau sederajat. Ada banyak universitas yang ada di Indonesia dengan berbagai kelebihan yang berbeda.

Tidak hanya universitas terbaik di Jakarta, Semarang sendiri memiliki beberapa universitas yang bisa dijadikan pilihan. Ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta yang siap menampung para lulusan dengan berbagai fakultas dan jurusan. Berikut adalah beberapa rekomendasi universitas yang ada di Semarang, Jawa Tengah.

Universitas Diponegoro (UNDIP)

Rekomendasi universitas di Semarang yang pertama adalah Universitas Diponegoro atau UNDIP. Universitas Diponegoro adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di jalan Prof H Soedarto, S H Tembalang, Semarang. Salah satu prestasi yang pernah didapatkan oleh UNDIP adalah meraih emas di NRCT Thailand. Untuk biaya, UNDIP membaginya menjadi 7 golongan yang dibagi berdasarkan UKT dan program studi yang dipilih.

Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN Walisongo)

Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang adalah Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki biaya cukup murah. Biaya UIN Walisongo dibagi menjadi 2, yaitu untuk SNMPTN dan SBMPTN. Untuk SBMPTN, biaya yang dibutuhkan berkisar 400 ribu sampai 2 juta 400 ribu rupiah. Sedangkan untuk SNMPTN biayanya berkisar 400 ribu sampai 1,4 juta rupiah. Universitas ini terletak di Jalan Walisongo No.3 – 5, Ngaliyan, Kota Semarang.

Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Rekomendasi universitas di Semarang yang ketiga adalah UNNES yang terletak di Jalan Sekaran Raya, Gunungpati, Semarang. Perguruan Tinggi Negeri ini pernah mengirimkan 10 mahasiswanya untuk mengikuti pertukaran pelajar ke China. Seperti Universitas Diponegoro, biaya kuliah di UNNES juga terbagi menjadi 7 golongan berdasarkan program studi yang dipilih.

Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS)

Universitas rekomendasi berikutnya adalah UDINUS yang terletak di Jalan Imam Bonjol No.207, Pendrikan Kidul, Semarang Tengah, Kota Semarang. Universitas Dian Nuswantoro adalah Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki biaya kuliah yang beragam berdasarkan jurusan dan program studi yang dipilih. 

Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer (STEKOM Semarang)

Rekomendasi universitas di Semarang berikutnya adalah STEKOM yang terletak di Jalan Majapahit No.605, Pedurungan Kidul, Kota Semarang. Universitas ini adalah universitas yang sudah bekerjasama langsung dengan DISNAKER. Fasilitas STEKOM juga cukup lengkap, mulai dari pembatasan siswa dalam kelas, sampai ruangan full AC. Selain itu, STEKOM juga memiliki 9 gedung kampus yang tersebar ke seluruh Semarang dan Kendal.

Untuk biaya kuliah, Perguruan Tinggi Swasta STEKOM memiliki biaya bulanan sebesar 380 ribu untuk semua program studi. Untuk kelas, STEKOM terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kelas pagi dan kelas karyawan. Bagi mahasiswa yang memilih jurusan kewirausahan dan bisnis, maka akan mendapatkan gelar tambahan, yaitu Sarjana Manajemen.

Beberapa rekomendasi universitas di Semarang di atas hanyalah sebagian kecil dari universitas yang ada. Masih banyak lagi universitas lain baik itu PTS maupun PTN yang tersebar di Kota Semarang maupun Kabupaten, seperti POLINES, UNDARIS, dan lain sebagainya.

Jika kamu sudah menemukan universitas pilihan, segera cari tahu informasi pendaftaran melalui goKampus.com. Di sana kamu bisa mendaftar ke universitas pilihan dan berkesempatan mendapat beasiswa maupun dana pendidikan. 

Itulah beberapa rekomendasi universitas di Semarang. Dalam memilih universitas, pastikan kamu memilih universitas yang memiliki biaya terjangkau dan memiliki fasilitas mumpuni. Selain itu, pastikan memiliki fakultas dan jurusan yang sesuai dengan yang kamu tuju.