solid surface

Sebelum Menggunakan, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Material Solid Surface Terlebih Dahulu!

Solid surface merupakan salah satu bahan baku bangunan yang digunakan sebagai pengganti granit atau jenis batu marmer. Dimana bahan ini memang sengaja diproduksi menyerupai jenis bahan batu alam yang sering digunakan itu. Umumnya dibuat dari berbagai bahan baku utama seperti akrilik, polyester, sampai dengan pigmen warna. Hasilnya bisa dikatakan sangat mirip, orang umumnya menggunakan ini untuk pengaplikasian pada meja dapur atau lemari kabinet. Apa saja kelebihan dan kekurangan material tersebut?

Setiap jenis bahan memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula untuk solid surface yang memiliki berbagai kelebihan didalamnya. Bagi Anda yang ingin menggunakan, ada baiknya kenali terlebih dahulu hal-hal tersebut. Dimulai dari kelebihan yang dimiliki seperti berikut ini.

solid surface

1.    Lebih tahan terhadap benturan bahkan dibandingkan jenis marmer dan granit asli, hal ini dikarenakan solid surface merupakan beberapa susunan pori-pori kuat sehingga tidak getas dan mudah rusak.

2.    Memiliki bobot yang lebih ringan, hal itu bisa dilihat dari beberapa bahan utama yang digunakan.

3.    Memiliki beragam pilihan dari warna, motif sampai dengan bentuk, bahkan ada yang sangat menyerupai batu alam.

4.    Merupakan material yang cukup elastis sehingga membuat lebih mudah untuk diaplikasikan, mulai dibengkokkan atau lainnya.

Diatas merupakan beberapa poin yang menjadi kelebihan dari solid surface, tidak heran jika banyak orang yang memilih menggunakan material tersebut untuk bangunan rumah. Namun Anda tidak boleh lupa jika dibalik kelebihan pasti ada kekurangan dan harus diperhatikan pula. Seperti bahan yang lebih rentan terhadap goresan sehingga dalam pemakaian akan lebih banyak bekas goresan meskipun mudah untuk dipoles kembali, tekstur yang lebih licin sampai dengan harga yang terbilang lebih mahal.

 

Itulah tadi mengenai kelebihan serta kekurangan dari penggunaan solid surface yang perlu diketahui terlebih dahulu. Dengan begitu Anda akan lebih tenang menggunakan, apalagi setelah paham mengenai kekurangannya. Setidaknya bisa meminimalisir kemungkinan buruk terjadinya masalah akibat dari kekurangan tersebut. Sekian, semoga dapat dijadikan tambahan informasi penting bagi Anda yang akan menggunakannya.