Sewa Kipas Blower atau AC, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Udara yang panas seringkali menjadi hal yang cukup menjengkelkan dan membuat suasana jadi tidak nyaman. Biasanya, masyarakat akan memilih kipas angin atau AC (Air Conditioner) untuk mendinginkan suhu panas tersebut sehingga ruangan terasa lebih nyaman. Tak heran, banyak masyarakat yang sengaja sewa kipas blower atau AC untuk mengatasi hal tersebut. Namun, jika dibuat perbandingan antara AC dan kipas angin, mana sebenarnya yang lebih baik?

Air Conditioner Lebih Cepat Mengusir Panas

Seperti yang kita ketahui, ketika menggunakan AC maka udara panas di dalam ruangan akan sangat cepat berubah menjadi lebih dingin. Bahkan, penyejuk udara ini bisa membuat tubuh jadi lebih segar dan sejuk walaupun sebenarnya udara di luar rumah terasa sangat panas dan terik. Dengan menggunakan AC ini, udara panas bisa diubah dengan sangat cepat.

Jika dibandingkan dengan penggunaan kipas angin ketika Anda rental kipas air atau yang lainnya, maka penurunan suhu ini akan terasa lebih lambat. Bahkan, banyak orang yang sengaja berdiam atau berdiri di depan kipas agar cepat menghilangkan suhu panas yang terasa di tubuh. Karena memang, kipas angin ini lebih lama jika harus mendinginkan udara di ruangan. Perlu menunggu dan bersabar agar suhu di ruangan jadi lebih dingin.

Kualitas Udara karena AC Jadi Buruk

Meskipun AC lebih mudah atau lebih cepat dalam masalah menurunkan udara panas, namun apakah kualitas udara yang ada jadi lebih baik juga? Menurut beberapa penelitian, ternyata saat Anda menggunakan AC, maka sirkulasi udara jadi terbatas. Seperti yang diketahui, AC akan berfungsi dengan baik jika tidak ada ruangan yang terbuka atau tidak ada ventilasi. Hal inilah yang menyebabkan kualitas udaranya jadi tidak baik.

Karena hal ini jugalah, seringkali ditemukan kuman, bakteri, dan mikroorganisme lainnya yang hidup di udara. Dimana menyebabkan polusi dan udaranya jadi tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika Anda berkutat di ruangan itu seharian, bisa memicu alergi dan masalah pernapasan. Namun, hal tersebut berbeda ketika Anda sewa kipas blower. Sirkulasi udara yang dihasilkan bisa lebih baik. Bahkan, radikal bebas yang ada di udara pun bisa hilang karena bisa keluar melalui ventilasi dan sebagainya.

AC Mengurangi Kelembaban

Selain beberapa hal tersebut, rupanya ada perbedaan juga antara penggunaan kipas angin biasa atau kipas misty dengan AC ini. Hal ini dilihat dari segi kelembaban yang dihasilkan. Bagi Anda yang ingin mengurangi kelembaban, maka penggunaan AC bisa lebih baik karena kelembaban udara bisa berkurang sehingga membuatnya jadi kering. Namun, ini bisa berdampak pada kesehatan kulit yang tentunya akan membuat kulit jadi kering juga.

Sementara penggunaan kipas angin, terlebih saat Anda sewa kipas blower misty, maka kelembaban udara cenderung lebih terjaga. Apalagi dengan misty fan yang bisa mengeluarkan uap air atau embun, sehingga kelembaban udara pun bisa terjadi dengan baik. Dengan begitu, bisa membantu Anda juga dalam menjaga kelembaban kulit.

Selain itu, penggunaan AC pun dianggap tidak ramah lingkungan karena bisa mengeluarkan zat CFC yang memang bisa mencemari udara. Dari beberapa penjelasan tersebut, tentu Anda sendiri bisa mengambil kesimpulan mana yang sebaiknya digunakan. Apalagi jika ingin membuat tubuh jadi lebih sehat.

Meskipun, baik sewa kipas blower atau penggunaan AC, semuanya tergantung pada keinginan dan kebutuhan Anda. Tidak masalah menggunakan AC, asal Anda pun memperhatikan bagaimana penggunaannya yang baik. Tentunya dengan membuat keseimbangan antara penggunaan AC dan sirkulasi udara yang sehat. Namun, dari keduanya, tentu penggunaan misty fan akan lebih menyehatkan.