padi

Sumber Daya Alam Pertanian

Bagi masyarakat yang ada di sekitar pegunungan ataupun pedesaan pasti tidak asing dengan yang namanya pertanian. Ya, sumber daya alam pertanian sampai saat ini masih menjadi salah satu penghasilan utama masyarakat.

Selain itu juga sumber daya alam pertanian juga menjadi salah satu sumber utama penghasil bahan pangan bagi manusia. Misalnya padi, jagung, singkong dan lainnya. selain itu hasil sumber daya alam pertanian juga memiliki harga jual yang cukup tinggi dan stabil setiap tahunya.

padi

Sehingga sumber daya alam pertanian merupakan salah satu cara pemanfaatan alam yang cukup baik untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Nah untuk pengertian pertanian sendiri adalah kegiatan yang memanfaatkan sumber daya alam hayati untuk ditanami berbagai jenis komoditi tumbuhan untuk menghasilkan sumber pangan bagi manusia maupun kebutuhan industri.

Kali ini saya akan menjelaskan beberapa contoh sumber daya alam pertanian yang ada di Indonesia yang bisa kamu coba untuk tanam.

Langsung saja simak penjelasan singkat saya di bawah ini mengenai beberapa sumber daya alam pertanian.

Contoh Sumber Daya Alam Pertanian

  1. Padi

Padi sendiri di Indonesia merupakan salah satu komoditi tumbuhan yang cukup sering di tanam di Indonesia. Alasannya adalah padi merupakan bahan makanan pokok masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Padi sendiri biasanya dipanen waktu memasuki umur 4 bulanan. Tumbuhan padi juga memiliki harga yang terbilang sangat stabil di pasaran setiap tahunnya. Umumnya harga 1 kg beras adalah Rp 9.500 untuk kualitas yang standar, sedangkan untuk kualitas terbaik biasanya di jual seharga Rp. 11 000.

2. Jagung

Jagung sendiri merupakan tumbuhan sumber daya alam pertanian yang cukup bagus. Selain memiliki harga yang cukup stabil di pasaran manfaat jagung bagi kehidupan manusia juga sangat banyak. Misalnya sebagai bahan makanan, buat bahan pangan berbagai jenis hewan dan lainnya.

Tetapi menanam jagung juga memerlukan kesabaran yang cukup tinggi dari mulai pembibitan, merawat, sampai memanen. tanaman jagung memerlukan waktu sekitar 3 bulan setelah pembibitan untuk menghasilkan hasil jagung berkualitas yang siap kamu panen.

3. Cabai

Bagi kamu para pecinta makanan pedas, mungkin tidak asing dengan tanaman cabai ini karena cabai sendiri merupakan sumber utama untuk menghasilkan rasa pedas pada makanan.

Cabai sendiri juga sangat mudah untuk ditanam entah itu di lahan pertanian yang luas, halaman, rumah ataupun belakang rumah. bagi kamu yang ingin menanam cabai kamu tidak perlu khawatir jika tidak terjual. Karena cabai merupakan salah satu jenis tumbuhan yang setiap hari dicari oleh masyarakat sebagai bahan pelengkap masakan mereka.

4. Tomat

Nah yang terakhir yaitu tomat. Tomat sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki segudang manfaat bagi manusia. Misalnya sebagai pencegah penyakit kanker ataupun untuk mencukupi nutrisi tubuhmu.

Jika kamu memiliki lahan pertanian yang cukup luas tanaman tomat sendiri bisa salah satu hal yang bisa kamu pertimbangan untuk ditanam. Karena memiliki harga jual yang stabil setiap tahunnya di pasaran.

Nah itu dia penjelasan singkat saya mengenai sumber daya alam pertanian yang ada di Indonesia. Semoga informasi yang kami buat bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu ya.