Cara Membuat Bawang Goreng Tepung Terigu

Tips dan Cara Membuat Bawang Goreng Tepung Terigu Renyah Hingga 2 Bulan

Salah satu jenis olahan bawang merah yang sangat diminati bagi para ibu-ibu rumah tangga adalah bawang goreng. Tidak hanya ibu-ibu rumah tangga namun para industri kuliner pun juga menggunakan bawang goreng siap jadi. Teknik pengolahan serta kualitas bawang yang bagus juga akan mempengaruhi rasa dan hasil akhir bawang goreng siap jadi 

Untuk mendapatkan bawang goreng siap jadi yang enak dan berkualitas pasti memerlukan cara dan juga teknik khusus dalam pembuatanya. Sobat bisa menjadikan ini sebagai ide bisnis baru, berikut ini adalah cara membuat bawang goreng tepung terigu dijamin renyah dan tahan lama 

Selain itu ada juga tipis-tips agar bawang goreng yang sobat buat bisa enak, renyah dan tahan lama. Ingin tau tips nya? Simak baik-baik penjelasanya berikut ini ya 

Tips Membuat Bawang Goreng 

Cara Membuat Bawang Goreng Tepung Terigu

Untuk memperoleh bawang goreng dengan kualitas yang maksimal, sobat perlu memperhatikan beberapa hal diantaranya yaitu 

1. Rendam Air Garam 

Rendam irisan bawang merah di air garam selama 15 menit. Tujuannya adalah untuk melarutkan getah-getah yang ada pada bawang merah. 

2. Taburi dengan Tepung Terigu 

Menaburi bawang dengan tepung terigu sebelum menggorengnya diyakini akan membuat kerenyahan bawang merah mampu bertahan lama. 

3. Taburi Garam

Selain di taburi tepung terigu, menaburi bawang goreng menggunakan garam sebelum menggorengnya juga akan membuatnya renyah. Dan juga akan terasa lebih asin dan enak. 

4. Goreng Menggunakan Api Sedang

Menggoreng bawang merah sebaiknya menggunakan api sedang saja, dan juga dengan kondisi minyak yang panasnya sedang. Karena menggoreng bawang menggunakan api besar dan minyak yang sangat panas akan membuat bawang merah mudah godong dan rasanya menjadi pahit. 

Oh iya untuk menghindari bawang merah gosong dan pahit, ketika sobat menggoreng bawang merah angkat bawang merah sebelum bener-benar matang. Karena proses pematangan bawang merah akan terus berlangsung setelah diangkat dari minyak karena panas dari minyak tersebut. 

5. Tiriskan dengan Kertas Roti / Kertas Minyak 

Setelah bawang goreng agak matang angkat dengan serok lalu tiriskan menggunakan kertas roti / kertas minyak, tujuanya adalah agar minyaknya terserap oleh kertas tersebut jadi bawang goreng tetap renyah dan tidak terlalu berminyak. 

Jika kandungan minyak dalam bawang goreng sedikit maka bawang goreng akan bisa lebih tahan lama, dan juga tidak akan mudah tengik. Beberapa kasus bawang merah tengik disebabkan oleh kandungan minyak dalam bawang merah goreng yang masih cukup banyak. 

Tidak hanya tips saja, sobat juga perlu mengetahui urutan membuat bawang goreng yang baik dan benar, agar tidak salah dan tidak keliru, simak penjelasan resep dan cara membuat bawang goreng di bawah ini ya ! 

Cara Membuat Bawang Goreng Tepung Terigu 

Bahan-Bahan

  • 1 kg bawang merah 
  • 3 sendok makan cuka putih 
  • 2 sendok teh garam halus 
  • 8 sendok makan tepung terigu ( secukupnya ) 

Cara Membuat

  1. Langkah pertama dalam membuat bawang merah adalah kupas 1 kg bawang merah menggunakan mesin pengupas bawang. Jika tidak punya sobat bisa mengupasnya manual menggunakan tangan. Lalu cuci bersih dan tiriskan 
  2. Kemudian iris tipis bawang merah menggunakan mesin perajang bawang atau pisau. 
  3. Jika sudah, taruh bawang merah irisan tersebut dalam wadah. Lalu tuangkan 3 sendok makan cuka putih, aduk rata. Diamkan sekitar 1-2 menit. Kemudian tambahkan 1 liter air, aduk rata, kemudian buang airnya dan tiriskan. 
  4. Selanjutnya taburi dengan tepung terigu secukupnya dan 2 sendok teh garam halus, aduk hingga semuanya tercampur merata. 
  5. Langkah berikutnya yaitu panaskan minyak goreng. Setelah panas kemudian goreng bawang merah. Goreng menggunakan api sedang cenderung besar selama kurang lebih ( 17 menit ). Hingga irisan bawang mengapung dan berubah warna menjadi kuning. Jangan lupa untuk sesekali diaduk. Jika sudah, kecilkan api lalu lanjut goreng lagi selama 2 menit.
  6. Angkat bawang merah jika sudah berwarna coklat kekuningan. Jangan menunggu bawang goreng kering di wajan baru di angkat ya sob. Kemudian tiriskan di kertas minyak. Jadi selama bawang goreng masih panas, maka proses pematangnya juga masih terus berlangsung. Pada akhirnya bawang akan matang sempurna dan kriuk saat sudah dingin. 
  7. Jika sobat ingin bawang gorengnya cepat dingin, sobat bisa mengipasinya menggunakan kipas angin. 

1 kg bawang merah jika digoreng menjadi bawang merah akan menghasilkan sekitar 360 gram bawang goreng. Agar awet, segera tempatkan bawang goreng di tempat yang tertutup. Bawang merah akan bertahan selama 1-2 bulan di suhu ruangan. Dan jika disimpan di kulkas bawang merah bisa bertahan selama 6 bulanan. 

Jika sobat membutuhkan mesin pengupas bawang dan juga mesin perajang bawang sobat bisa menemukanya di rumah mesin. Rumah mesin menyediakan macam-macam mesin pengolah bawang. 

Tidak hanya itu, masih ada puluhan mesin-mesin  lainya yang berkualitas dan juga didesain khusus sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Sobat juga bisa bertanya-tanya dahulu seputar mesin dan cara penggunaanya terlebih dahulu. 

Sekian dulu ya tutorial cara memasak bawang goreng tepung terigu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda sekaligus menambah wawasan pengetahuan bagi anda. Selamat mencobanya dan semoga berhasil.