Tips Tips Dropship Agar Jualan Laris Manis, Wajib Catat!

Bisnis online merupakan bisnis yang digandrungi banyak orang karena menawarkan kemudahan serta kepraktisan. Bisnis online pun banyak macamnya, salah satunya yang cukup diminati karena nyaris tak mengeluarkan modal adalah bisnis dropship atau menjadi seorang dropshipper.

Meskipun terlihat mudah, namun Anda perlu mengetahui tips tips dropship agar produk yang Anda jual laris manis.

Dropship sendiri merupakan bisnis online yang bisa dijalankan tanpa harus menyimpan stok barang yang dijual. Sehingga ketika dropshipper menerima orderan barang, ia akan meneruskan order beserta informasi pengiriman barang ke supplier atau penjual barang tersebut.

Tips tips dropship

Tak perlu berlama-lama, langsung saja simak tips seputar bisnis online dropshipping bagi para dropshipper pemula berikut ini!

  1. Pilih Penjual Terpercaya

Poin utama yang harus diperhatikan ketika memutuskan menjadi seorang dropshipper adalah memilih penjual terpercaya. Pertimbangkan penjual yang tak hanya menawarkan harga murah, namun Anda juga dapat melihat bagaimana review dari konsumennya, bagaimana rekam jejak si penjual, bagaimana kualitas barang yang ia jual, apakah penjual berada di kota yang sama dengan Anda, dan lain-lain.

2. Jangan Menjual Produk Musiman

Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis dropship jangka panjang, ada baiknya untuk menghindari menjual produk musiman. Karena produk musiman suatu saat pasti akan kehilangan pamornya, sehingga tidak cocok bagi Anda yang mengincar profit stabil untuk jangka panjang.

3. Pikirkan Branding Bisnis

Meskipun Anda hanyalah seorang dropshipper, namun branding bisnis tetap menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan. Branding membuat suatu bisnis mudah diingat banyak orang, karenanya branding juga dapat membedakan bisnis satu dengan lainnya serta menarik banyak konsumen.

4. Perbarui Foto Produk

Tips tips dropship agar laris selanjutnya adalah memperbarui atau memodifikasi foto produk. Meskipun supplier Anda menyediakan foto katalog produk yang bisa dipajang, namun ada baiknya Anda menggunakan foto produk yang berbeda untuk menarik minat konsumen.

Anda dapat membeli beberapa barang dari supplier Anda untuk diambil foto produknya, bila perlu sewa jasa fotografer agar hasil foto lebih menarik.

5. Lakukan Promosi Produk

Tak lupa untuk melakukan promosi produk, agar produk yang Anda jual dikenal oleh calon konsumen. Karena bukan hanya Anda saja yang menggeluti bisnis dropship, sehingga Anda harus berusaha keras agar produk Anda dilirik konsumen dan laku terjual.

Berbagai strategi promosi bisa Anda lakukan, mulai dari memasang iklan melalui sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, hingga promosi melalui mulut ke mulut.

6. Berikan Pelayanan yang Baik

Sebagai dropshipper yang baik, Anda tentu perlu memberikan pelayanan yang maksimal bagi para konsumen Anda. Sebisa mungkin layani pembeli dengan baik, tanggapi setiap pertanyaan maupun keluhan mereka dengan bahasa yang sopan dan profesional. Sehingga konsumen pun merasa diistimewakan dan akan membeli kembali produk Anda.

Ide Bisnis Dropship yang Bisa Anda Coba

Meskipun Anda bukan tangan pertama dan tak perlu menyetok barang, namun memilih produk yang tepat untuk dijual menjadi hal penting yang tak boleh diremehkan. Berikut ini beberapa ide bisnis dropship yang bisa Anda coba diantaranya:

  1. Kosmetik
  2. Fashion pria maupun wanita
  3. Makanan
  4. Minuman
  5. Smartphone
  6. Furniture
  7. Produk kesehatan
  8. Perlengkapan bayi atau hampers untuk newborn baby
  9. Sepatu
  10. Tas
  11. Jam tangan
  12. Produk custom yang dibuat berdasarkan keinginan pembeli
  13. Perlengkapan rumah tangga
  14. Souvenir maupun undangan pernikahan
  15. Hadiah wisuda atau ulang tahun seperti bucket bunga, bucket snack, bucket jilbab, dan lain-lain

Tips tips dropship agar jualan laris manis rupanya tak sulit untuk dilakukan. Karena bisnis dropship yang nyaris tanpa modal merupakan bisnis yang gampang-gampang susah, Anda tak boleh patah semangat untuk terus mengembangkan bisnis dropship yang Anda tekuni.