6 Tips Belajar Fisika

Kebanyakan pelajaran ilmu pengetahuan alam selalu dianggap oleh siswa sebagai pelajaran yang susah, tidak terkecuali pelajaran fisika. Dikarenakan saking sukarnya, banyak siswa yang selalu menganggap kalau hanya anak-anak dengan rata-rata kecerdasan tinggi saja yang bisa mempelajarinya.

Padahal, pelajaran satu ini termasuk dalam pelajaran wajib dan semua siswa harus bisa mempelajarinya. Nah, kalau selama ini kamu merasa kesulitan dengan pelajaran fisika, ada beberapa tips yang harus kamu aplikasikan dalam kegiatan belajarmu. Apa saja tipsnya? Simak selengkapnya berikut.  

Ubah Perspektif Tentang Fisika

Tahukah kamu jika kesulitan saat mempelajari sesuatu bisa terjadi karena perspektifmu sendiri terhadap pelajaran tersebut? Jika sejak awal kamu merasa pelajaran fisika sulit bahkan sebelum kamu benar-benar mengerti konsepnya, maka itu sudah pasti akan membuatmu makin kesulitan.

Mulai sekarang, cobalah untuk mengubah perspektifmu kalau pelajaran fisika adalah pelajaran yang dapat kamu kuasai. Yakinkan dirimu sendiri jika mempelajari fisika akan menjadi lebih mudah jika kamu sudah tahu akan konsep dari setiap materi.

Cari Referensi yang Tepat

Sering kali dikarenakan referensi pembelajaran yang kurang tepat, siswa jadi merasa malas untuk belajar. Carilah materi yang menurutmu bisa memberikan pemahaman, entah itu lewat buku, video, atau situs belajar. Apabila kamu sudah menemukan penjelasan yang pas dan bisa memberikan pemahaman, sudah pasti belajar fisika tidak lagi sesusah bayangan sebelumnya.

Tulis Catatan dengan Menarik

Antara menulis catatan secara biasa dengan memberinya variasi warna, tentu bisa mempengaruhi semangatmu dalam belajar fisika. Hal ini dikarenakan catatan dengan visual yang menarik, cenderung membuat orang yang membacanya juga lebih tertarik.

Di saat kamu membaca materi yang ada pada buku referensi, video pembelajaran, atau situs, sebisa mungkin untuk menuliskan kembali dalam catatan sendiri. Kemudian, berikan sedikit aksen warna dengan stabilo, sehingga dari segi visual juga akan membuatmu semakin tertarik untuk membaca ulang.

Buat Singkatan Unik

Buat kamu yang sering lupa akan singkatan rumus-rumus fisika, menggunakan trik khusus supaya memudahkan hafalan adalan kunci penting yang harus dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan membuat singkatan unik berhubungan dengan rumus tersebut. Contoh dari singkatan unik yang sudah banyak digunakan adalah SMP JIWA untuk menerangkan 7 besaran pokok: Suhu, Massa, Panjang, Jumlah zat, Intensitas cahaya, Waktu, Arus listrik.

Ajak Teman atau Guru Berdiskusi Bersama

Memang dalam beberapa kasus, ada beberapa materi fisika yang sulit untuk dipahami sendiri, sehingga, bantuan dari orang lain sangat dibutuhkan. Untuk menyiasati hal ini, coba untuk ajak teman yang lebih paham untuk berdiskusi. Alangkah lebih baik sebelum mengajak berdiskusi, kamu sudah menyiapkan materi terlebih dahulu baik itu dari buku atau dari tambah pinter. Selain itu, tidak ada salahnya juga jika kamu bertanya ulang kepada gurumu, ketika beberapa penjelasannya masih kurang jelas. 

Asah Kemampuan dengan Latihan Soal

Cara ini diketahui jadi cara yang ampuh untuk memahami materi pelajaran, termasuk pelajaran fisika. Setiap selesai mempelajari suatu materi, kerjakan soal yang berhubungan dengan materi tersebut, dikarenakan ingatan akan pelajaran tersebut pastinya masih cukup melekat.

Jika di buku referensi yang kamu gunakan tidak menyediakan soal-soal, sekarang ini sudah banyak soal-soal yang bisa kamu temukan secara online. Soal-soal fisika ini pun bisa kamu gunakan untuk dibahas bersama teman.

Jadi, itu tadi semua tips yang bisa digunakan saat belajar fisika supaya tidak lagi terasa susah. Intinya, untuk membuat kamu semakin mahir dalam fisika, pahami dulu setiap konsep dari materi, dengan begitu kamu akan dengan mudahnya memahami materi tersebut. Semangat belajar!