Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Minyak kelapa saat ini banyak dijual dimanapun, hal ini dikarenakan manfaat minyak kelapa untuk kesehatan juga sangat penting. Ada juga bisa membuat sendiri dirumah.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa ialah salah satu jenis minyak yang dibuat memakai bahan baku utama kelapa yang masih segar dan diambil minyaknya atau kernelnya, dengan melalui proses pembuatan pemanasan yang terkendali atau bisa tanpa pemanasan sama sekali, yang dibuat tanpa bahan kimia dan RDB.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

1. Membuat Rambut Berkilau

Sebagian orang meyakini bahwa mengoleskan minyak kelapa pada rambut bisa membuat rambut akan berkilau dan terlindungi dari kerusakan. Namun minyak ini bisa menyerap kekulit kepala bahkan lebih baik dari jenis minyak yang asalnya dari mineral.

Namun manfaat minyak kelapa yang satu ini tidak diberlakukan pada semua jenis rambut, karena setiap orang memiliki jenis rambut dan cara perawatan yang berbeda

2. Melembabkan Kulit

Ternyata minyak kelapa memiliki manfaat untuk melembabkan kaki, tangan dan siku. Selain itu wajah yang kering juga bisa mendapatkan kelembaban dari pemakaian minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa yang lain ialah bisa memberikan perbaikan tumit yang pecah pecah dengan dioleskan ke tumit sebelum anda tidur.

3. Mencegah Penyakit Hati

Beberapa waktu lalu ada penelitian menunjukkan uji coba pada hewan tentang pengaruh konsumsi minyak kelapa pada kesehatan hati. Dan hasil menyatakan bahwa minyak kelapa jika dikonsumsi rutin 4 minggu bisa membuat kesehatan hati lebih baik daripada sebelumnya. Namun hal ini juga masih ada penelitian lanjut jika minyak kelapa dikonsumsi oleh  manusia.

4. Membantu Penurunan Berat Badan

Ternyata beberapa orang mempercayai bahwa minyak kelapa bisa bikin turun berat badan dari adanya komponen khas pada kelapa yang disebut MCT. Komponen ini akan membikin lemak dan didalam minyak kelapa bisa langsung diolah jadi energi dan tidak menumpuk di tubuh terlalu lama.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Ternyata minyak kelapa memiliki manfaat yang bisa diubah oleh hati menjadi keton. Keton ialah salah satu sumber alternatif untuk otak kita.

6. Memerangi Infeksi Bakteri Di Tubuh

VCO mempunyai sifat antibakteri sehingga bisa memerangi infeksi pada tubuh. 

Cara Membuat Minyak Kelapa

Bahan dan alat:

  • Kelapa matang dan segar 3-4 buah, untuk menghasilkan 1 liter santan dan 50 gram minyak.
  • Air secukupnya
  • Parutan
  • Saringan
  • Botol penyimpanan

Cara Membuat Minyak Kelapa :

  1. Ambil kelapa dan kupas dengan mesin pengupas kelapa, ambil dagingnya kemudian bersihkan. Jika sudah kemudian parut kelapa.
  2. Lalu selanjutnya daging kelapa yang sudah diparut diperas memakai kain dengan tujuan mengambil ekstraknya. Selanjutnya tambahkan air panas sedikit supaya mudah diperas.
  3. Jika sudah diekstrak, saring memakai kain untuk memisahkan kotorannya.
  4. Tuangkan santan pada wajan lalu nyalakan kompor. Tunggu kira kira 2-3 jam supaya matang dengan panas tetap rendah.
  5. Kemudian aduk-aduk sampai santan berubah jadi warna coklat dimana air santan nantinya menguap dan terpisah, nantinya bisa menghasilkan minyak dan ampas.
  6. Jika santan sudah terkonsentrasi, kemudian angkat dari kompor dan tunggu sampai dingin. Tuang santan kelapa yang sudah dingin ke atas kain untuk masuk proses pemisahan minyak. Ambil mangkok untuk mengumpulkan lalu nanti bisa disimpan dalam botol.
  7. Anda bisa memakai mesin pembuat minyak kelapa untuk kemudahan pembuatan minyak kelapa anda.

Demikian pembahasan mengenai manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.