Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Jurusan Psikologi

Masuk dan kuliah di jurusan Psikologi, memang tidak salah. Tapi sebelum Anda masuk ke jurusan psikologi tersebut, ada baiknya jika memperhatikan beberapa informasi berikut ini :

1.  Apa itu jurusan psikologi

Jurusan psikologi adalah salah satu jurusan yang mempelajari tentang fungsi mental, dan perilaku manusia secara ilmiah. Merupakan salah satu jenis ilmu yang masih tetap berkembang hingga saat ini. Termasuk di dalamnya tentang konsep dan teori yang ada.

2.  Siapa yang bisa masuk jurusan psikologi

Pada dasarnya siapa saja bisa masuk jurusan yang dimaksud. Baik itu Anda dari kelas IPA atau Saintek atau juga IPS atau Soshum.

Walaupun berbeda, namun dalam jurusan tersebut, para mahasiswa akan belajar tentang cara pandang, dan penerapannya dalam kehidupan. Karena pada kenyataannya, psikologi ini akan memperkenalkan pendekatan secara saintek, dengan fokus pada analisa dan teori. Sedangkan dari sisi soshum, akan fokus pada gejala sosial yang terjadi.

Walaupun pada dasarnya siapa saja dapat masuk dan mengikuti jurusan yang dimaksud. Tapi ada beberapa karakter siswa yang tepat, dan pas untuk masuk ke dalam jurusan Psikologi tersebut, antara lain, observer, tekun, kritis, berwawasan luas, senang melakukan analisa, senang melakukan riset, senang memecahkan masalah, dan senang akan keterampilan interpersonal.

3.  Pembagian ilmu psikologi

Yang perlu Anda ketahui, ketika masuk ke jurusan psikologi ini adalah, adanya beberapa pembagian ilmu, yang nantinya mempengaruhi jenjang karir yang akan dicapai.

a.  Psikologi umum dan eksperimental

Ini adalah cabang psikologi yang membahas tentang penelitian dan juga eksperimen dalam bidang psikologi. Di sini Anda akan belajar tentang meneliti menggunakan peralatan, atau juga metode ilmiah, untuk memperoleh hasil akurasi yang tinggi.

b.  Psikologi klinis

Ini adalah spesifikasi yang akan mengarahkan Anda untuk jadi seorang psikolog. Akan mempelajari tentang tingkah polah manusia dalam kasus yang lebih mendalam.   

c.  Psikologi perkembangan

Fokus pada cabang yang satu ini, adalah unit membantu mengembangkan mental manusia. Dengan cara melakukan observasi, pada kasus kasus psikologi yang ada, mulai dari anak, hingga manula.

d.  Psikologi industri dan organisasi

Ini adalah cabang khusus yang mendalami tentang industri, organisasi, atau juga perkantoran, dari sisi psikologi. Ini yang akan membantu Anda untuk masuk ke posisi HRD.

e.  Psikologi pendidikan

Ini adalah bidang studi yang mempelajari tentang pendidikan yang tepat untuk anak-anak pada usia tertentu.  

f.    Psikologi sosial

Bidang ini akan menjelaskan tentang berbagai macam konflik sosial, hingga bagaimana ketika seseorang mempunyai masalah dengan interaksi sosial yang ada.

4.  Prospek kerja dari urusan psikologi

Seperti halnya Anda masuk ke goKampus untuk mencari kampus dengan jurusan Psikologi yang tepat. Demikianlah ketika Anda mencari pekerjaan, sudah tentu Anda ingin mencari yang tepat juga.

Khusus untuk, jurusan psikologi ada cukup banyak jenis pekerjaan yang dapat Anda masuki, setelah lulus, minimal S1. Misalnya saja jadi salah satu staf di HRD, jadi seorang guru BK, dan yang lainnya. Lain hanya ketika Anda lulus S2, ada beberapa jenis pekerjaan spesifik yang  akan menunggu Anda, seperti jadi psikolog klinis, dan yang lainnya.

5.  Mata kuliah di jurusan Psikologi

Seperti hanya jurusan lainnya, jurusan psikologi ini, juga mempunyai beberapa mata kuliah yang harus dipelajari. Namun beberapa diantaranya ada yang terbilang unik dan menarik, seperti filsafat, biopsikologi, Statistika, kode etik psikologi, dan yang lainnya.

Dimana masing-masing jenis mata kuliah difokuskan untuk mempelajari hal tertentu. Yang nantinya mendukung program kerja, atau kemampuan Anda dalam melayani masyarakat, dengan ilmu yang ada.

6.  Waktu kuliah dan gelar

Untuk lulus S1, pada jurusan psikologi sebenarnya sama dengan jurusan lainnya, yaitu sekitar 3 hingga 4 tahun. Gelar jurusan psikologi sendiri adalah S.Psi. Sedangkan untuk lulus S2, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 tahun. Untuk gelarnya sendiri adalah M.Psi atau M.Si.

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda ketahui dan persiapkan ketika ingin masuk ke jurusan psikologi. Untuk kemudian lulus, dan memperoleh pekerjaan yang tepat, sesuai dengan yang Anda inginkan.