Yuk Mengenal Jurusan Farmasi yang Memiliki Banyak Kelebihan dan Prospek Kerja

Jurusan farmasi adalah sebuah bidang profesional yang merupakan paduan dari ilmu kesehatan dan kimia. Jurusan ini nantinya akan dipersiapkan untuk mempelajari tingkat keamanan dari penggunaan sebuah obat. Maka diharapkan lulusan ilmu farmasi akan mampu mempraktekkan ilmunya bagi peracikan obat herbal maupun obat kimia, serta tingkat keamanan penggunaan obat tersebut.

Obat-obatan yang digunakan bagi suatu penyakit haruslah benar-benar aman karena masuk ke dalam tubuh dan meresap ke seluruh organ tubuh manusia. Maka diperlukan seorang yang ahli di bidang obat-obatan yang salah satunya kita kenal adalah apoteker.

Apoteker sendiri adalah S1 lulusan farmasi dengan masa studi selama 4 tahun ditambah 1 tahun masa Pendidikan profesi bagi apoteker. Mari kita bahas lebih lanjut akan jurusan dan prospek kerja farmasi ini.

Mengenal Jurusan Farmasi

Seperti yang telah kita sebut di atas bahwa Farmasi adalah suatu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi ilmu kesehatan juga ilmu kimia dalam memastikan keamanan penggunaan obat, baik obat herbal maupun obat berbahan kimia.

Farmasi juga mencangkup meracik dan menyediakan obat serta melayani kebutuhan farmasi dan obat-obatan secara modern seperti pelayanan pada klinik, keamanan penggunaan obat, hingga memberikan informasi bagi penyediaan obat-obatan.

Yang Dipelajari pada Jurusan Farmasi

Banyak sekali prospek kerja yang bisa kamu peroleh, jika memilih jurusan ini. Informasi akan kampus yang menyediakan jurusan ini se-Indonesia, dapat kamu peroleh dengan aplikasi gokampus. Pada aplikasi ini kamu dapat mengakses seluruh ketersediaan jurusan dari kampus-kampus yang ada di daerahmu, provinsi lain bahkan kampus yang ada di luar negeri.

Kenapa prospek kerja farmasi begitu terbuka luas? Karena yang dipelajari di jurusan ini adalah Kimia dan Biologi dasar, standardisasi obat alam, manajemen dan marketing farmasi, Analisis halal produk farmasi dan banyak materi kuliah lainnya yang masuk dalam ilmu kimia, Biologi dan manajemen. Pada aplikasi gokampus kamu dapat menemukan secara detail mata kuliah apa saja yang akan dipelajari pada jurusan farmasi.

Aplikasi gokampus juga dapat membantu kamu dalam mendapatkan beasiswa baik yang disediakan oleh pemerintah maupun kampus itu sendiri. Aplikasi gokampus akan mengarahkan kamu untuk melengkapi berkas yang diperlukan, termasuk mengetahui keringanan biaya dari pihak kampus dengan subsidi silang yang diberlakukan oleh kampus. Juga Lembaga resmi yang dapat menyediakan pinjaman bagi biaya Pendidikan/kuliahmu.

Kelebihan lulusan farmasi

Adapun keahlian yang akan dimiliki oleh lulusan farmasi adalah dapat melakukan suatu penelitian pada bidang farmasi, melakukan sebuah pelayanan prima pada sarana kesehatan yang ada di masyarakat, menjamin mutu bagi persediaan farmasi serta menjaga keamanan penggunaan obat-obatan baik herbal maupun obat kimia.

Pada jurusan farmasi, tidak hanya mampu meracik obat, mengontrol obat dan lainnya, maka jurusan farmasi juga diharapkan mampu berdikari. Karena mata kuliah yang dipelajari juga termasuk mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi informatika, mampu bekerja dalam team, serta mampu melihat prospek peluang usaha bagi dunia farmasi.

Titel atau Gelar yang akan Dimiliki

Adapun gelar yang akan disandang oleh lulusan farmasi adalah Sarjana Farmasi atau S. Farm dengan status sarjana 1/S1. Jika kamu menyandang gelar ini, maka kamu tidak hanya melulu bekerja di instansi atau Lembaga kesehatan saja. Namun jika kamu ingin berdikari maka banyak hal yang bisa kamu lakukan. Seperti membangun apotek sendiri dengan gelar farmasi yang kamu sandang.

Tentunya untuk kedepannya kamu dapat berkolaborasi menyediakan beberapa dokter spesialis di apotekmu, untuk melayani masyarakat dengan keluhan penyakit tertentu. Seperti Dokter Umum, Spesialis anak, Dokter gigi atau spesialis lainnya.

Ternyata prospek kerja farmasi banyak sekali tersedia. Bahkan pada perusahaan, klinik atau praktek mandiri dapat kamu lakukan. Dalami dengan tekun ilmu farmasi dan siapkan diri menjadi ahli farmasi yang handal dengan berbagai disiplin ilmu yang kamu dapat.